Mengelola smartphone Android dari PC dengan SnapPea

by aries on September 25, 2014

Jika kamu merasa kesulitan melakukan manajemen data atau mem-backup file pada smartphone Android karena ruang geraknya yang sempit atau mengalami masalah dengan fungsi layar sentuh yang agak lambat, mengapa tidak kamu coba saja melakukan itu semua melalui perangkat komputer?

Dengan menggunakan aplikasi SnapPea, kita bisa menghubungkan perangkat Android dengan komputer desktop, sehingga fungsi manajemen aplikasi di Android bisa dilakukan melalui PC. Software buatan Windows ini bisa kamu dapatkan secara gratis. Tampilan antarmukanya juga sangat menarik dan memudahkan user dalam menavigasi menu-menu yang ada. Untuk cara mengaplikasikannya, berikut adalah tips triknya:

Mengelola smartphone Android dari PC dengan SnapPea

  • Install SnapPea

Untuk bisa menghubungkan Android dengan computer, maka install terlebih dulu Snap Pea pada komputer dengan mengunduh file melalui http://www.snappea.com/windows. Setelah Android dan PC berhasil terhubung melalui kabel USB, tekan tombol Link untuk menyelaraskan data yang terdapat pada Android dan komputer. Tunggu hingga semua proses selesai.

  • Mengelola aplikasi

Pada menu ‘Apps’, kamu bisa melakukan manajemen aplikasi dengan mudah. Disitu akan ditampilkan aplikasi yang telah terpasang. Kamu bisa memindahkan ataupun menghapus aplikasi yang diinginkan. Kamu juga bisa mem-backup aplikasi yang telah terpasang dan memindahkannya ke komputer melalui fungsi Export.

  • Mengelola daftar kontak

Pada menu ‘Contact’, bisa digunakan untuk mengedit nomor telepon atau email. Jika ingin megeditnya, tinggal klik nama kontak yang kamu inginkan, dan pilih ‘edit’. Jika ingin memindahkannya ke komputer, pilih fungsi ‘Import’ dan simpan dalam format dan direktori sesuai keinginanmu. Untuk mengembalikannya lagi ke Android, klik ‘Export’. Jika ingin menambahkan nama pada daftar kontak, ketikkan pada fungsi ‘Add Contact’.

  • Mengelola file multimedia

Kamu bisa menambahkan lagu-lagu favorit yang ada pada komputer untuk dipindah ke Android dengan cara menekan fungsi ‘Import Song’. Tinggal pilih lagu ingin dipindah dari deretan folder yang ada. Dalam menu ‘Photos’ ataupun ‘Video’, akan ditampilkan kumpulan gambar atau video dalam bentuk thumbnail. Ada pula tombol yang memudahkan kamu untuk bisa langsung berbagi gambar atau video ke akun Facebook.

  • Mengetik SMS

Jika kamu sedang malas untuk mengetik SMS melalui smartphone Androidmu, kamu bisa mengetiknya dari komputer. Setelah selesai, tinggal kamu kirim dengan menekan fungsi ‘Send’. Pada menu ‘message’, akan ditampilkan daftar SMS yang diterima dan kamu bisa melakukan backup jika mau.

  • Melakukan backup data

Untuk mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan, kamu bisa menggunakan fungsi ‘Backup’. Fungsi ini akan mendeteksi seluruh data yang tersimpan dalam Android dan akan membaginya ke dalam tiga kategori yaitu Contacts, Message, dan Apps. Semua data ini nantinya akan disimpan dalam komputer. Untuk memulai backup, klik ‘Star Backup’. Jika ingin mengembalikan kembali data-data tadi, tinggal pilih ‘Restore’.

  • Melakukan download

Dengan SnapPea, kamu juga bisa mengunduh berbagai aplikasi atau konten langsung dari komputer. Tidak hanya melalui Play Store, namun tersedia juga tautan untuk mengunduh aplikasi yang disediakan pihak ke tiga melalui kategori ‘Apps, Games, dan Wallpaper’.

Comments on this entry are closed.