Mengenal Apa Itu Adobe Illustrator

by aries on June 3, 2015

Sebelum kita melangkah lebih jauh mengenai cara menggunakan Adobe Illustrator, sebaiknya kita ketahui dulu sekilas tentang software tersebut. Adobe Illustrator adalah software grafis yang dikembangkan oleh Adobe Inc. Software ini dikembangkan pertama kali pada tahun 1986 dan dirilis tahun 1988. Software grafis berbasis vector ini adalah produk yang dibuat untuk mendampingi Adobe Photoshop. Kalau Adobe Photoshop lebih sering digunakan untuk manipulasi foto toward digital dan gaya photorealistic ilustrasi computer, Adobe Illustrator lebih terarah pada bidang penyusunan huruf dan desain logo grafis.

Mengenal definisi Adobe Illustrator, sejarah dan versi yang sudah dikeluarkan oleh Adobe Inc.

Sejak dirilis pertama kali pada tahun 1988, hingga sekarang Adobe Ilustrator telah mengeluarkan 16 versi, diantaranya :

  1. Versi 1-1,6 (Illustrator 88)

Versi pertama dari Adobe Illustrator dikembangkan untuk Apple Macintosh di tahun 1986 (pengiriman pada bulan Januari 1987) sebagai komersialisasi di-rumah software font development Adobe PostScript dan format file.

  1. Versi 2-5

Selama sepuluh tahun pertama Adobe Illustrator mengembangkan produknya untuk Macintosh, akhirnya pada awal 1990, Adobe merilis versi dari Illustrator untuk NeXT , Silicon Graphics , dan Platform Sun Solaris. Namun hal itu dihentikan karena respon pangsa pasar yang rendah. Versi pertama Illustrator untuk Windows sendiri dirilis pada tahun 1989, Versi 2.2. Sayang, versi Illustrator untuk Windows selanjutnya, versi 4.0,  banyak dikritik karena dianggap mirip dengan Illustrator 1.1 bukannya Illustrator untuk Macintosh versi 3.0. Hal itu diperparah dengan produk grafis yang sedang popular untuk Windows saat itu, yaitu CorelDraw. Namun begitu, versi 4 adalah versi pertama yang mendukung pengeditan dan modus pratinjau, yang bahkan tidak muncul di Macintosh hingga tahun 1993.

  1. Versi 6-10

Untuk vversi ini yang telah diperkenalkan pada tahun 1996, sudah bayak sekali mengalami perubahan untuk diserupakan dengan  user interface yang ada pada Adobe Photoshop. Karena banyak yang cocok, user lebih memilih  tidak memperbaharui versi ini. Selain user interface, Illustrator juga sudah support dengan beberapa plugin seperti halnya Adobe Photoshop.

  1. Versi CS-CS5

Illustrator CS adalah versi pertama produk grafis pertama Adobe yang menyertakan kemampuan 3D yang memungkinkan pengguna membuat dan mengedit bentuk sederhana obyek 3 Dimensi.

Illustrator CS2 (Versi 12) tersedia untuk sistem operasi Mac OS X dan Microsoft Windows. Versi ini menyajikan fitur baru, yaitu Live Trace, Live Paint, palet Custom Control dan Worksheet.

Illustrator CS3 menampilkan upadate interface pada Bar Control, panel panduan warna dan fitur Live Color lainnya.

CS4, dirilis bulan Oktber 2008. Versi ini dibekali fitur yang dirombak dari tool-tool lama dengan tool baru dari FreeHand. FreeHand menambah kemapuan untuk menciptakan beberapa artboards, ini memungkinkan pengguna untuk membuat beberapa versi pada pekerjaan dalam satu dokumen. Fitur lain yang ditambahkan dalam versi CS4 ini adalah Brush Blob, yang bisa membuat stroke brush yang saling tumpang tindih bisa digabungkan. Dan ada juga tool Gradien Revamped yang memperdalam manipulasi warna serta transparansi dalam gradien.

Dirilis pada bulan April  2010, CS5 hadir dengan fitur tool Perspektif Grid yang diperoleh dari FreeHand, Sebuah brush, yang mampu menampilkan stroke tampak alami.

  1. Versi CS6

Adobe Illustrator CS6 adalah generasi ke enam belas yang menambahkan lebih banyak fitur dan perbaikan pada bug.

Comments on this entry are closed.