Menghapus Data Android Tidak Cukup Dengan Factory Reset

by aries on February 19, 2015

Jika kamu ingin menjual smartphone mu dan ingin membeli seri keluaran yang terbaru, hal utama yang pertama kali harus dilakukan adalah menghapus seluruh data dan informasi penting dari smartphone mu, seperti foto, video, nomor kontak, dan password penting agar tidak jatuh ke tangan orang yang keliru. Biasanya, kita hanya melakukan factory reset untuk mengembalikannya ke kondisi seperti pertama kali kita membeli. Namun, melakukan factory reset saja tidaklah cukup.

tips hapus total data di android

Berdasarkan laporan terbaru yang dikeluarkan oleh Avast, hanya melakukan factory reset saja belum bisa melindungi secara sepenuhnya informasi dan data penting yang sudah terhapus dari resiko kebocoran. Dengan metode tertentu, para hacker masih  bisa mengembalikan kembali seluruh informasi dan data yang sudah di hapus. Agar hal tersebut tidak terjadi, dan data penting yang kamu miliki tidak jatuh ke tangan orang yang salah, maka ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Buatlah PIN atau password terlebih dahulu dengan cara masuk ke menu Security > Screen Lock, lalu tentukan metode pengamanan sesuai selera. Pastikan kamu telah mengingat PIN atau password yang telah kamu buat, karena setiap kali smartphone dinyalakan, kamu akan di minta untuk memasukkan PIN satau password tersebut.
  2. Setelah itu, masuk lagi ke menu Security > Encrypt Phone untuk melakukan enkripsi memori internal yang ada di smartphone-mu. Proses enkripsi storage (penyimpanan memori internal), akan membutuhkan waktu yang bervarisai, tergantung dengan kapasitas storage  smartphone yang kamu miliki. Pastikan pula baterai smartphone-mu sudah terisi penuh  dan dihubungkan ke charger untuk menghindari munculnya interupsi di tengah-tengah proses enkripsi karena kehabisan daya.
  3. Setelah proses enkripsi selesai, silakan lakukan factory rest dengan cara masuk ke menu Setting > Back up & Reset > Reset Factory Setting. Selain cara tersebut, kamu juga bisa melakukan factory reset dengan menggunakan kombinasi beberapa tombol. Diantaranya, tombol Power + Volume Up/ Down + Home yang ditekan secara bersamaan, tombol Power + Volume Down, dan masih ada kombinasi tombol yang lainnya, tergantung dari merek dan seri smartphone yang kamu miliki.
  4. Untuk lebih memastikan data yang telah kamu hapus tidak bisa dikembalikan lagi, kamu bisa mengisi kembali smartphone Androidmu dengan data lain yang tidak penting hingga terisi penuh kemudian lakukan kembali proses enkripsi seperti di atas. Dengan mengisi kembali smartphone Androidmu dengan data yang lain, maka data-data terbaru akan menimpa jejak data yang terdahulu, sehingga akan semakin sulit untuk dikembalikan dan dilacak ulang.

Comments on this entry are closed.