Menyembunyikan file di Android dengan File Hider Plus

by aries on December 8, 2014

Untuk menyembunyikan file atau folder di Windows, kita tidak perlu sebuah software atau aplikasi tambahan dari pihak ketiga. Caranya baca pada artikel; cara menyembunyikan file dan folder anpa software. Beda Windows, beda Android. System operasi besutan Google ini sepertinya tidak dilengkapi dengan fasilitas show and hidden file. Jadi saat ada file penting dan bersifat privasi, kita perlu aplikasi tambahan untuk menyembunyikan file tersebut.

Aplikasi apa untuk menyembunyikan file di Android dan bagaimana caranya?

Banyak sekali aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu download dari playstore, baik yang gratis ataupun berbayar. Pada kolom pencarian, Cukup ketikkan keyword ‘hide file and folders’ nanti akan muncul sederet aplikasi. Baca diskripsi dari aplikasi tersebut sebelum kamu menjatuhkan pilihan. Dari berbagai aplikasi yang ada, ada beberapa aplikasi yang dilengkapi dengan password. Jadi file tersebut benar-benar aman karena tidak bisa dibuka kecuali mengetahui passwordnya, seperti contoh aplikasi File Hider Plus. Sedangkan langkah-langkah menyembunyikan file dengan aplikasi ini adalah sebagai berikut;

  1. Setelah kamu buka playstore dan menyetikkan keyword seperti diatas, ketuk More untuk melihat pilihan aplikasi lainnya.
  2. Setelah itu, pilih aplikasi File Hider Plus. Lalu pilih Install. Pada kotak dialog yang ditampilkan, ketuk Accep.
  3. Dengan demikian, aplikasi akan di download dan install secara otomatis
  4. Setelah berhasil, klik Open. Lalu masukkan password sesuai yang kamu inginkan. Masukkan password sekali lagi sebagai konfirmasi dari password yang pertama.
  5. Jawab pertanyaan untuk keamanan. Jawabannya terserah, yang jelas jawaban ini digunakan untuk recovery password saat kamu lupa. Jadi pastikan jawabnnya yang mudah kamu ingat. Kemudian ketuk Continue pada dialog yang ditampilkan
  6. kemudian ketuk ikon folder yang ada dibagian atas. Nah disana akan ada folder dengan nama SDCARD2 artinya adalah memori ekternal, kadang juga disebut SDCARD1. Selain itu, juga akan ada folder dengan nama SDCARD, artinya adalah memori internal.
  7. Cari file yang akan kamu sembunyikan, setelah ketemu, ketuk sekali. Kemudian ketuk lagi satu kali sampai file tersebut ada ikon tanda telah diproteksi.

Ini adalah contoh cara menyembunyikan file di Android dengan aplikasi File Hider Plus. Di playstore masih aplikasi sejenis. Caranya kurang lebih sama dengan aplikasi ini.

Supaya lebih mudah dalam memahami tentang tutorial cara hidden file di Android, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama.

Comments on this entry are closed.