Merubah ukuran gambar atau foto dengan Photoshop

by aries on May 22, 2014

Adanya gambar atau foto yang ukurannya tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan terkadang kita membuat pilihan lain dengan mencari gambar lagi yang lebih tepat dengan ukuran yang kita inginkan. Cara seperti ini, jelas tidak praktis. Karena menemukan gambar yang sesuai dengan tema yang kita inginkan bukan-lah pekerjaan gampang. Untuk itu, lebih mudah ubah saja ukurannya.

Kemarin sudah saya jelaskan cara merubah ukuran gambar dengan corel draw. Nah.., pada kesempatan kali ini saya akan menggunakan photoshop, berikut langkah-langkahnya;

Merubah ukuran gambar atau foto dengan Photoshop

Merubah ukuran lebar & tinggi gambar

  1. buka adobe photoshop CS, CS 1, CS 2, CS 3 dan seterusnya.
  2. drag gambar ke area lembar kerja adobe photoshop atau klik Menu FileOpen – pilih gambarnya – lalu klik Open.
  3. buat layar baru dengan ukuran yang kamu inginkan sebagai media untuk foto tersebut. Caranya; klik menu FileNew atau Ctrl + N. Pada kotak dialog New isikan Width (panjang) 465 & Height (tinggi) 250 atau sesuai dengan kebutuhan. Unit ukuran yang digunakan, pixels, cm atau inch. Pada form Resolution isikan 300 atau lebih, semakin tinggi semakin bagus sehingga gambar tidak akan pecah. Pada Color mode, pilih RGB color jka ingin digunakan untuk kepentingan publikasi di media web dan semisalnya, atau pilih CMYK color jika foto atau gambar tesebut ingin kamu cetak. Background: transparent saja. Setelah itu, klik Oke.
  4. drag gambar yang sudah di import tadi ke area layar baru yang sudah dibikin dengan ukuran khusus.
  5. setelah itu, atur tata letak gambar tersebut di layar baru sesuai yang kamu inginkan. Bisa digeser ke kanan, kiri, atas, bawah, dikecilkan atau dibesarkan. Ini semua, tentunya meyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.
  6. setelah kamu bisa, coba praktek dengan membuat pas foto pakai photoshop.

Merubah ukuran salah satu dari panjang & tinggi gambar

Yang dimaksud dengan merubah ukuran dari salah satu lebar atau tinggi di sini bukan berarti tinggi gambar tidak berubah saat kamu mengganti ukuran panjangnya, begitu sebaliknya. Jadi yang difokuskan adalah merubah salah satu sesuai yang kamu inginkan, sedangkan yang lainnya tetap berubah namun secara proporsional (otomatis penyesuaian dari perubahan yang kamu tentukan)

  1. lakukan cara No. 1 sampai NO. 2 seperti yang dijelaskan di atas.
  2. klik kanan pada bagian atas – lalu pilih Image size. Pada kotak dialog yang ditampilkan, silakan ubah salah satu dari panjang atau tinggi dari gambar tersebut. pastikan Constrain proportional sudah kamu checklist. Pilih resolusi yang kamu inginkan, 300 misalnya. Saat resolusi diubah, terkadang ukuran yang sudah kita tentukan juga berubah, untuk itu ubah lagi ukurannya seperti yang kamu inginkan. Biar tidak kerja dua kali, langkah yang paling tepat adalah tentukan resolusi dari gambar tersebut baru diubah ukurannya sesuai kebutuhan.
  3. setelah itu klik Ok, untuk merubah file ini ke file JPG atau PNG, silakan baca pada artikel Cara merubah file PSD ke JPG atau PNG di Photoshop.

Supaya lebih mudah dalam memahami tentang cara merubah ukuran gambar atau foto dengan photoshop, sebaiknya simak tutorial videonya di atas dengan seksama.

Comments on this entry are closed.