Modifikasi Smartphone Tanpa Root dengan CyanogenMod

by Siti Eka Kurniati on December 19, 2015

Bagi Advanced User atau pengguna yang sudah berpengalaman tentu sudah terbiasa untuk mengoprek ponsel mereka, dan memodifikasi ponsel mereka sesuai kebutuhan pemakainya. Bicara soal modifikasi, tentu tak jauh-jauh dari yang namanya kostumisasi sistem operasi atau istilah kerennya Custom ROM. Dan pada ulasan kali ini kita akan membahas tentang modifikasi smartphone dengan CyanogenMod, salah satu Custom ROM Android pilihan yang telah digunakan oleh lebih dari 50 juta pengguna di seluruh dunia. Apakah itu CyanogenMod?

one click installer cyanogen mod

CyanogenMod adalah sistem operasi terbuka atau bisa kita sebut sebagai open source software yang dikembangkan oleh vendor pihak ketiga yang menawarkan pengubahan sistem operasi Android dan dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan yang tidak ditemukan pada platform asli Android. Beberapa fitur unggulan dari CyanogenMod adalah, tersedianya dukungan codec audio FLAC, kemampuan untuk merubah Kontras dan Saturasi tampilan di layar smartphone, modifikasi gesture tambahan, kebebasan dalam menerapkan tema, dan yang paling menarik dari semuanya, custom ROM ini tidak mengandung spyware ataupun bloatware berdasarkan keterangan dari developernya.

Lalu bagaimana cara kita memasangnya? Apakah harus melalui proses yang rumit? Tenang saja! Cara pengoperasian Cyanogen Mod ini kini jauh lebih praktis dan mudah karena kini sudah tersedia installer khusus untuk menjalankannya di ponsel kesayanganmu. Dengan hanya satu kali klik install atau istilahnya One Click Installer pada Smartphone, kamu sudah bisa mengkostumisasi ponselmu sesuai keinginan dan tidak diperlukan adanya akses rooting. Dan jika bootloader belum dibuka maka akan dibantu oleh software besutan Steve Kondik ini untuk meng-unlock nya.

Tapi perlu diketahui, fitur On Click Installer ini hanya support untuk Smartphone High-End atau Smartphone keluaran terbaru saja. Bagi yang memiliki ponsel low end atau versi keluaran lama, jangan khawatir karena kabarnya fitur ini akan terus di update sehingga Smartphone Low-End pun juga bisa di modifikasi secara mudah dengan CyanogenMod.

CyanogenMod menawarkan fasilitas One Click Installer pada Smartphone berikut ini :

Tipe Peranglat
Google Nexus S
Google Nexus S 4G
Samsung Galaxy S III (AT&T)
Samsung Galaxy S III (Canadian)
Samsung Galaxy S III (Sprint)
Samsung Galaxy S III (T-Mobile)
Samsung Galaxy S III (US Cellular)
Samsung Galaxy S III (Cricket)
Google Nexus 7 2013 (LTE)
Google Nexus 7 2013 (WiFi)
Google Nexus 7 (WiFi)
Google Nexus 5
Samsung Galaxy S II Hercules
Samsung Galaxy S II (Intl)
Samsung Galaxy S III (Intl)
Samsung Galaxy S4 (Canada)
Samsung Galaxy S4 (Cricket)
Samsung Galaxy S4 (C Spire)
Samsung Galaxy S4 (Sprint)
Samsung Galaxy S4 (T-Mobile)
Samsung Galaxy S4 (US Cellular)
Samsung Galaxy S4 (Intl)
Samsung Galaxy Note II (Sprint)
HTC One (AT&T)
HTC One (Sprint)
HTC One (T-Mobile)
HTC One (Unlocked)
Google Galaxy Nexus (GSM)
Google Nexus 4
Google Nexus 10
Samsung Galaxy Note (Intl)
Samsung Galaxy Note II (GSM)
Samsung Galaxy Note (AT&T)
Samsung Galaxy Note (T-Mobile)
Samsung Galaxy S II Skyrocket
Samsung Galaxy Note II (GSM LTE)
Samsung Galaxy Note II (AT&T)
Samsung Galaxy Note II (T-Mobile)
Samsung Galaxy S II (T-Mobile)
Google Nexus 7 (GSM)
Google Galaxy Nexus (Verizon)
Google Galaxy Nexus (Sprint)

Kunjungi www.cyanogenmod.org

Dan untuk tipe perangkat yang tidak disebutkan seperti di atas, maka ponsel tersebut belum disupport untuk penggunaan software One Click Installer CyanogenMod Dan perlu diingat bahwa memodifikasi Smartphone anda akan menghilangkan garansi dan segala resiko harus ditanggung sendiri oleh pengguna.

Comments on this entry are closed.