Moments, aplikasi Android terbaik untuk berbagi foto kenangan

by aries on October 29, 2015

Tentunya salah satu dari kita pernah bepergian atau berlibur ke suatu tempat yang indah dan menarik bersama teman-teman atau keluarga. Momen spesial seperti ini tentu akan disayangkan jika tidak diabadikan dengan berfoto bersama. Dengan berfoto bersama, kenangan bersama teman atau keluarga akan terasa disaat kita melihat foto-foto tersebut. [Baca juga; Aplikasi kamera terbaik untuk Android]

Moments, aplikasi Android terbaik untuk berbagi foto besutan Facebook

Agar foto-foto tersebut juga bisa dilihat oleh teman-teman, selama ini kita mengirimnya satu persatu melalui aplikasi chat seperti BBM atau WhatsApp, atau mem-posting-nya di medsos untuk dilihat bersama-sama.

Tahukah kamu, cara di atas bisa dilakukan dengan Aplikasi Moment besutan Facebook yang lebih menarik dan mudah untuk berbagi momen spesial bersama teman-teman. Kemampuannya dalam mengorganisir kumpulan foto berguna untuk memudahkan kita dalam menyimpan, mengunggah, bahkan menuatkan foto-foto tersebut ke Facebook tanpa banyak memakan waktu.

Dengan aplikasi ini, kita tidak perlu lagi menyimpan satu persatu foto, cukup dengan melakukan singkronasi foto-foto yang ada di ponsel dengan Facebook. Selanjutnya Moments akan memindai wajah yang ada di foto dan secara otomatis akan mengelompokkannya berdasarkan orang-orang yang wajahnya dikenali oleh Moments. Selain itu, pengelompokan juga berdasarkan waktu pengambilan gambar. Dari sini, kita tinggal share ke teman-teman sehingga mereka juga punya foto yang sama seperti yang kita miliki. Foto yang disingkronasikan ke teman-teman tidak akan di posting ke Facebook, sehingga sifat privasinya lebih terjaga.

User Interface

Untuk memudahkan pencarian, foto-foto tersusun rapi berdasarkan kategori. Jadi, dalam mengumpulkan foto, Moments menyusunnya berdasarkan kategori aktivitas yang pernah dilakukan. Tampilannya sangat minimalis karena ikon-ikonnya disembunyikan. Tapi hal ini tidak mengurangi fungsinya.

Fitur

Saat membuka aplikasi ini, langsung terdapat kumpulan foto yang ada di ponsel kita untuk disingkronasikan dengan akun Facebook teman kita. Hal ini tentunya membantu kita dalam share foto ke teman dengan cara yang mudah, praktis dan tampilan foto yang lebih bervariatif. Cara untuk melakukan singkronasi pun cukup mudah, kita tinggal tap Sync To dan pilih satu atau lebih teman Facebook kita.

Jika kita ingin memilih foto secara manual, bukan acak seperti di atas, cukup pilih “Choose photos from your camera roll”. Dari sini, foto akan ditampilkan berdasarkan kategori serta waktu pengambilan gambar. Selanjutkan kita tinggal memberi tanda centang pada foto yang diingkan lalu pilih Next dan memberi judul pada kumpulan foto yang telah kita pilih tersebut.

Moments memiliki kemampuan yang bagus dalam mendetaksi wajah dan langsung mengelompokkannya atau menuatkannya dengan seseorang yang telah menjadi teman di Facebook. Jadi saat kita berfoto dengan teman-teman, nantinya foto-foto yang berhubungan dengannya akan langsung dikumpulkan dalam satu kategori yang berhubungan dengan teman tersebut. Namun, jika ternyata aplikasi ini tidak mampu mendeteksi wajah karena suatu hal, kita bisa mengaturnya secara manual. Caranya; tekan foto – ikon tiga titik – Faces. Selanjutnya masukkan nama teman yang ada di foto tersebut.

Kinerja

Facebook selaku pengambang aplikasi Moments ini tentunya sudah banyak makan garam dan kenyang pengalaman dalam menangani medsos. Jadi tidak diragukan lagi, Facebook telah berhasil menghadirkan aplikasi yang cukup bagus dalam mengatur kumpulan foto dan membagikannya ke pengguna lain.

Inovasi

Moments merupakan aplikasi untuk mengumpulkan, share, dan menyinkronasi foto-foto terkait sebuah momen yang sama tapi berada di ponsel seseorang yang berbeda-beda. Dengan kemudahan yang ditawarkan, aplikasi ini juga bisa membuat kompilasi video dari foto-foto terbaik secara otomatis sehingga terlihat beda dan lebih menarik.

Comments on this entry are closed.