NetGuard : Aplikasi Firewall Android Gratis Tanpa Root

by Ummy Tsabit on November 6, 2015

Kamu mungkin sudah menggunakan program Firewall pada PC-mu untuk memblokir atau memberikan pembatasan akses internet terhadap program yang sedang berjalan di PC. Sebenarnya, kamu juga bisa membatasi akses internet  ponsel Android dengan menggunakan Firewall. Namun, jika kamu sebelumnya belum pernah menggunakan firewall atau kamu belum begitu familiar dengan istilah firewall, maka ketahui lebih dulu apa itu manfaat dan fungsi dari firewall. Firewall adalah sebuah sistem yang dirancang untuk mencegah akses yang tidak diberi kekuasaan untuk masuk ke jaringan pribadi. Firewall bisa diimplementasikan baik pada hardware ataupun software, atau kombinasi dari keduanya.

aplikasi firewall netguard

Salah satu aplikasi firewall yang layak kamu coba adalah NetGuard for Android. Net Guard merupakan solusi praktis bagi pengguna Android, yang menawarkan kendali atas aplikasi mana saja yang bisa mendapatkan akses internet tanpa menyebabkan kerusakan pada aplikasi tersebut. NetGuard juga menawarkan kendali atas jaringan paket data ataupun Wi-Fi secara terpisah, dan juga sangat berpotensi, sehingga berguna untuk menjinakkan aplikasi nakal yang kerap dengan cepat melahap habis kuota paket data selulermu.

Memang, ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk memblokir akses internet pada beberapa aplikasi tertentu dan melakukan fungsionalitas yang mirip seperti aplikasi NetGuard, namun kebanyakan dari mereka membutuhkan akses root untuk bisa berfungsi. Aplikasi NetGuard menggunakan beberapa teknik yang berbeda untuk menjalankan fungsionalitas firewallnya. Diantaranya, aplikasi tersebut mengandalkan pada API yang diperkenalkan pada versi Android Lollipop 5.0 yang akan memungkinkanmu untuk mengirimkan trafik yang telah kamu pilih ke lubang hitam (sinkhole), bukannya menyaring semua trafik internet. Hal ini berarti, fitur-fitur canggih seperti address based filtering (yang diperlukan untuk memblokir iklan), traffic logging, dan on-demand configuration, tidak menjadi musathil lagi untuk dilakukan. Namun sayangnya, Android dengan versi yang lebih lama belum mendukung fitur ini.

Aplikasi ini masih dalam tahap awal pengembangan dan tersedia dalam versi beta hanya di Google play store. Aplikasi ini juga merupakan sebuah proyek open source, sehingga kamu bisa menambahkan masukan pada proyek ini jika kamu mampu. NetGuard juga terus diperbarui dengan fitur baru di setiap versinya. Berikut adalah beberapa aplikasi dasar dari aplikasi NetGuard yang sangat berguna :

Fitur-fitur dalam aplikasi NetGuard :

  • Tidak membutuhkan akses root
  • Sangat mudah dioperasikan
  • Aplikasinya tidak berbayar (gratis)
  • Merupakan aplikasi open source
  • Tidak perlu tambahan penggunaan baterai
  • Bebas tracking atau analisa
  • Bebas iklan
  • Mendukung IPv4/IPv6 TCP/UDP
  • Bisa memblokir baik aplikasi bawaan sistem atau aplikasi unduhan user

Aplikasi NetGuard tampaknya sudah bisa dikatakan sempurna meski masih dalam versi beta. Kamu bisa menyalakan aplikasi ini untuk menghemat penggunaan datamu. Kemampuannya untuk mengizinkan akses jaringan seluler dan memblokir Wi-Fi atau Vice versa merupakan fitur yang bagus untuk dimiliki. Kamu juga bisa memblokir akses data seluler untuk aplikasi-aplikasi yang biasa menggunakan penggunaan data yang besar dan hanya memberikan izin akses untuk mereka melalui Wi-Fi saja. Hal ini akan memastikan bahwa paket kuota internetmu tidak lekas habis saat kamu menonton video di Youtube lewat Wi-Fi.

Kamu juga bahkan bisa menggunakan aplikasi ini untuk memblokir akses internet ke WhatsApp atau aplikasi instant messaging yang lain yang kamu gunakan, saat kamu sedang tidak berkeinginan untuk saling berkomunikasi dengan temanmu, namun masih ingin berselancar di web atau menonton video Youtube. Namun kamu harus berhati-hati untuk menyalakan kembali akses internet pada aplikasi-aplikasi yang telah kamu blokir aksesnya, karena kamu mungkin nanti akan tidak memiliki email masuk atau melewatkan pesan penting selama aplikasinya diblokir.

Jadi, jika kamu ingin menghemat kuota paket data dan pulsamu, maka cobalah gunakan NetGuard pada perangkat Androidmu untuk memblokir akses internet yang tidak diinginkan untuk beberapa aplikasi tertentu.

Comments on this entry are closed.