Nilai Plus Android Dibanding iOS

by aries on May 12, 2015

Android besutan Google dan iOS milik Apple, merupakan dua sistem operasi mobile yang paling populer dan banyak digunakan saat ini. Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan sendiri-sendiri, sehingga para pengguna bebas memilih sesuai dengan kebutuhan, selera, dan gaya masing-masing pribadi. Jika kamu salah satu penggemar Android, berikut akan diulas beberapa nilai lebih dari Android dibanding seteru abadinya iOS:

kelebihan Android

  • Aplikasi di Google Play Store lebih banyak dibanding AppStore

Berdasarkan data statistik yang dikeluarkan oleh situs AppFigures, hingga akhir 2014 lalu, Play Store mampu mengungguli AppStore dalam banyaknya jumlah aplikasi yang disediakan. Jumlah aplikasi di Play Store, mencapai 1,4 juta, sedangkan AppStore mencapai 1,2 juta. Perkembangan pesat ini tidak lain disebabkan oleh semakin beragamnya smartphone berbasis Android, mulai dari kelas low-end, mid-end, hingga high-end. Menurut data tersebut, jumlah aplikasi terbanyak yang tersedia di Play Store adalah kategori games, sedangkan di AppStore adalah business.

  • Pilihan model dan fitur dari perangkat Android lebih beragam

Tak bisa dipungkiri, dengan semakin banyaknya vendor smartphone ataupun tablet yang menggunakan OS Android, membuat pilihan model dari perangkat tersebut semakin beragam. Hal ini tentu akan semakin memudahkan konsumen dalam menentukan pilihan sesuai selera dan kebutuhan masing-masing. Beda dengan Apple yang hanya menghadirkan iPad dan iPhone dengan model yang itu-itu saja, dengan menghadirkan fitur yang tidak terlalu mengalami perubahan secara signifikan.

  • Tersedia media simpan tambahan bagi smartphone Android

Demi menghadirkan aplikasi yang berkualitas dan mudah digunakan, membuat sebagian aplikasi memiliki ukuran file yang lumayan besar, bahkan hingga mencapai gigabytes. Untuk mengantisipasi hal tersebut, banyak perangkat Android yang menyediakan slot tambahan untuk microSD sebagai media tambahan. Coba bandingkan dengan seluruh perangkat iPhone dan iPad yang sudah beredar, kesemuanya tidak dilengkapi dengan adanya slot micro SD untuk sarana ekspansi memori. Hanya tersedia pilihan 8/16/32/64/128 GB memori internal. Bagaimana dengan pengguna iPhone yang kapasitasnya hanya 8/16 GB saja? Tentu ini menjadi kendala tersendiri.

  • Baterai perangkat Android bisa dengan mudah di bongkar pasang

Meski ada sebagian smartphone Android yang menggunakan baterai yang tidak bisa dilepas (Non-removable), namun masih banyak juga yang menggunakan baterai yang bisa dilepas. Setiap baterai tentu memiliki masa hidup (life span) yang akan habis setelah mencapai batas pemakaian. Hal ini akan mudah diatasi jika baterainya bisa dilepas dan di beli secara terpisah. Lain halnya dengan baterai perangkat iPhone yang semuanya Non-removable. Meski sebenarnya secara teknis bisa diganti, namun hanya bisa dilakukan oleh teknisi berpengalaman saja.

  • Tampilan antarmuka Android bisa diutak atik dengan mudah

Pernah mendengar istilah Custom ROM? Dalam Android, pengguna dibebaskan untuk memodifikasi dan memilih sendiri tampilan antarmuka (kostumisasi) menggunakan cara sendiri atau lewat bantuan ribuan aplikasi custom ROM yang tersedia di Play Store. Penggunba bebas untuk mengubah setiap aspek tampilan di layar, mulai dari tema, keyboard, home screen, hingga launcher. Coba bandingkan dengan Apple yang membatasi penggunanya untuk mengutak-atik tampilan antar muka setiap perangkat yang berbasis iOS.

  • Kabel konektor Android lebih bersifat universal

Jika kamu pengguna iPhone dan suatu saat lupa membawa charger, coba tanyakan ke orang terdekat apakah mereka memiliki charger yang pas untuk iPhone? Jawabannya mungkin hanya sedikit atau bahkan tidak ada yang memilikinya. Hal ini dikarenakan, perangkat iPhone menggunakan 30-pin dock atau lightning connector yang hanya khusus dirancang untuk iPhone iPad saja. Bandingkan dengan perangkat Android yang hampir semuanya menggunakan konektor micro USB, yang sebagian besar pasti cocok digunakan untuk perangkat lain meski berbeda merek.

  • Transfer file dari / ke komputer lebih mudah menggunakan Android

Jika ingin transfer file, pengguna Android hanya tinggal mencolokkan kabel ke port USB dan akan secara otomatis akan dikenali oleh komputer. Nantinya pengguna akan langsung bisa mentransfer data tanpa harus direpotkan dengan aplikasi rumit. Coba bandingkan dengfan transfer data lewat perangkat iPhone yang harus membutuhkan bantuan iTunes. Meski mudah saat dipasang, namun akan sangat sulit untuk menghapusnya (uninstall), karena melalui proses yang ribet dan tidak mudah.

Itu tadi adalah beberapa nilai plus Android dibandungkan dengan iOS. Apakah kamu juga termasuk salah satu penggemarnya?

Comments on this entry are closed.