Nokia X, Smartphone berbasis Android keluaran pertama Nokia

by aries on April 26, 2014

Spesifikasi Nokia X

 Harga  Rp. 1.500.000
 Jaringan  Dual GSM On, Jenis: Micro SIM
 Dimensi  Panjang: 115,5 mm | Lebar: 63 mm | Tebal: 10,4 mm
 Berat  128,7 g
 Baterai  1500 mAh
 Display  4” WVGA: 800×480, TrueColor, 16 Juta Warna
 OS  OS Nokia Platform 1.0
 Prosesor  Qualcomm Snapdragon S4 1GHz dual-core
 RAM  512 MB
 Multimedia  Kamera 3MP
 Konetivitas  Bluetooth, WLAN 802.11
 Memori  Internal: 4 GB, Eksternal: MicroSD up to 32 GB
 Kelebihan  Mayoritas aplikasi Android bisa di install
 Kekurangan  Masih terkendala dengan masalah kompatibilitas

Saya masih ingat betul kalau ‘djaman doeloe’ ponsel Nokia begitu merajai di tanah air, bisa dikatakan setiap orang yang mempunyai ponsel rata-rata adalah besutan dari Nokia. Namun, sekarang situasinya berbeda, kini giliran ponsel smartphone dengan platform Android yang sedang menguasai pasar di Indonesia, bahkan di seluruh dunia.

Nokia yang sebelumnya kaku dan tetap ngotot tidak mau mengadopsi sistem Android, setelah melihat situasi ini akhirnya mengalah dan mau menggunakan sistem robot hijau tersebut untuk ponsel terbarunya Nokia X. Penasaran dengan Si X besutan dari Nokia ini, yuk kita simak ulasannya berikut ini;

Desain Nokia X

Melihat sisi desain kotak yang khas dari Nokia X ini sepintas mirip dengan keluarga seri Asha. Casing terbuat dari bahan plastik dengan beberapa warna pilihan seperti kuning, hijau, putih dan merah, biru.

Untuk ukuran layar terhitung standard, yakni 4 inch dengan resolusi WVGA (800×400) TrueColor 16 juta warna dan kedalaman 233 ppi, warna terlihat natural dengan objek cukup detail. Di bawah sinar matahari, layar masih bisa terlihat cukup jelas.

Spesifikasi & Harga Nokia X

Performa Nokia X

Yang perlu di catat user adalah platform Android yang ada pada Nokia X ini berbeda dengan platform Android asli keluaran Google yang selama ini kita kenal. Nokia X menggunakan OS V. 1.0. Nah, OS ini merupakan platform Android yang sudah dimodifikasi. Jadi, aplikasi populer seperti Gmail, Google Map, Google Play Store dan aplikasi android lainnya belum tentu bisa kompatibel pada Nokia X ini. Sebagai gantinya Nokia X menawarkan Nokia Store, HERE Maps, dan HERE Drive.

Tidak ketinggalan, untuk menarik minat konsumen, Nokia X memasukkan aplikasi populer seperti BBM, MixRadio dan Skype. Bahkan Nokia X menjanjikan gratis panggilan internasional selama satu bulan via Skype.

Nokia X menggunakan prosesor Snapdragon S4 1 GHZ dual-core dengan RAM 512 MB. Untuk menambah stroge internal yang hanya 4 GB, Nokia X melengkapinya dengan slot memori external up to 32 GB.

Ketahanan baterai seperti menjadi masalah tersendiri untuk platform Android, tak terkecuali Nokia X semi Android ini. Untuk browsing, chatting, BBM diselingi dengan membuka aplikasi lain secara bersamaan, baterai tidak bisa bertahan sampai 8 jam.

Kamera Nokia X

Sekelas Smartphone dengan kamera utama hanya 3 MP terbilang kecil bila dibandingkan dengan smartphone pada umunya. Mereka memilih 5 MP sebagai kamera utamanya. Namun demikian, dengan pencahayaan yang cukup, kamera ini bisa menghasilkan jepretan yang bagus untuk sekelas 3 MP.

Tidak adanya kamera depan, tombol khusus kamera, flash kamera dan tekhnologi tambahan untuk mendukung kamera utama merupakan permasalahan sendiri bagi mereka yang suka foto selfie. Referensi | www.nokia.com | tabloidsinyal.com

Comments on this entry are closed.