Nuclun 2, Prosesor Terbaru Besutan LG

by Ummy Tsabit on December 1, 2015

Menurut beberapa sumber, pabrikan ponsel asal Korsel LG diberitakan tengah mempersiapkan diri untuk merilis prosesor keduanya yang merupakan besutannya sendiri, yang disebut dengan LG Nuclun 2. Perusahaan elektronik raksasa ini sebelumnya telah memasuki pasar prosesor dengan meluncurkan Nuclun 1 yang rilis di tahun 2014 namun hanya digunakan pada ponsel besutan LG sendiri. Prosesor ini digunakan pada smartphone LG G3 Screen. Dan sekarang, mereka berencana untuk merilis versi yang telah dikembangkan dari prosesor besutan mereka yang pertama.

prosesor LG Nuclun 2

Konon, LG Nuclun 2 akan berupa prosesor Octa-core yang terdiri dari Quad-core berkecepatan 2.1 Ghz Cortex A72 dan Quad core berkecepatan 1.5 Ghz Cortex A53. Perusahaan ini dikabarkan menggunakan proses manufaktur 14nm FinFET Intel, bersama dengan teknologi 16nm TSMC untuk mendapatkan perbaikan atas teknologi 28nm yang telah mereka gunkan dalam prosesor pertama mereka.

Menurut bocoran dari tes Geekbench, Nuclun 2 bahkan mampu menyalip perolehan skor Exynos 7420 milik Samsung yang konon sangat powerfull hanya dalam tes satu single core saja. Nuclun 2 berhasil mengumpulkan skor 1796 untuk tes single-core dan 5392 untuk tes multi-core, sedangkan Exynos 7420 hanya mengumpulkan angka 1486 untuk single-core dan 4970 untuk multi-core. Dan banyak rumor yang beredar mengatakan, jika perangkat LG yang kelak akan menggunakan Nuclun 2 mampu mengumpulkan poin benchmark hingga melebihi angka 85.000 poin.

Tak bisa dipungkiri, kini pasar prosesor global semakin ramai, karena ada lebih banyak perusahaan yang mulai membuat sendiri prosesor untuk perangkatnya. Pabrikan prosesor yang paling terkenal saat ini diantaranya adalah Qualcomm dengan prosesor Snapdragon-nya, Samsung dengan Exynos-nya, Mediatek dengan MTK-nya, Nvidia, dan Intel. Sementara itu, perusahaan seperti LG dan Huawei pun juga mencoba untuk memasuki pasar prosesor.

Meski begitu, belum ada informasi pasti kapan prosesor terbaru buatan LG ini akan dirilis, namun kemungkinan besar prosesor tersebut akan dibenamkan pada ponsel LG untuk kelas highpend dan kita mungkin dapat melihatnya pada smartphone flagship LG keluaran tahun 2016 mendatang. Produksi massal dari Nuclun 2 diperkirakan akan mulai pada paruh kedua tahun 2016. Dan itu berarti, Nuclun 2 juga bisa saja digunakan dalam LG G5, karena ponsel tersebut  rencananya akan rilis tahun depan, meski saat ini kita hanya bisa spekulasi saja. Untuk lebih pastinya, kita tunggu saja tanggal tayang gebrakan LG dengan prosesor terbarunya, Nuclun 2 !

Comments on this entry are closed.