Pengertian bootloop, jenis-jenis dan solusinya

by aries on February 2, 2015

Pengertian bootloop

Sebenarnya apa itu istilah bootloop? Bagi mereka yang biasa nguprek dengan system Android tentu tidak asing lagi dengan istilah bootloop ini. Namun, tidak demikian bagi mereka yang masih newbie. Menurut pengamatan saya, arti Boot adalah memulai, yakni proses awal penyalaan system operasi Android. Sedangkan Loop adalah putaran atau lingkaran. Jadi bisa diartikan proses memulai system yang terus berputar (tidak berujung), atau istilah lain adalah gagal booting. Karena selalu membaca system tanpa ada ujungnya.

Definisi atau Pengertian bootloop, jenis-jenis dan solusinya

Jadi bisa ditarik kesimpulan bahwa bootloop adalah kegagalan system Android untuk menyalakan smartphone atau tablet android dikarenakan berbagai hal sehingga tidak bisa membuka menu home yang menampilkan berbagai aplikasi.

Jenis-jenis bootloop

  1. bootloop ringan; Terjadi ganguan pada system android sehingga Android restart dengan sendirinya dan tidak bisa masuk ke menu home lagi seperti sedia kala (hanya sampai pada logo saja). Penyebab hal ini beraneka ragam, seperti install atau uninstall apk, memindah aplikasi android ke SDCard dan lain-lain. Untuk mengatasinya, cukup lepaskan baterai, tunggu beberapa saat kemudian masukkan baterai kembali dan nyalakan android seperti biasa.
  2. bootloop menengah; terjadi karena user mencoba memodifikasi system android, seperti rooting android, membuang aplikasi bawaan system android dan lainnya sehingga android tidak bisa diperbaiki keculai dengan masuk ke mode recovery untuk melakukan hard reset (menyetel ulang seperti bawaan pabrik atau factory reset). Cara mengatasinya; masuk ke mode recovery dengan menekan tombol power + volume down atau volume up secara bersamaan. Kombinasi tombol hard reset ini bervariasi tergantung merek dan seri smartphone atau tablet Androidnya.
  3. Bootloop kelas berat atau; system Android rusak dan tidak bisa masuk ke mode recovery untuk melakukan factory reset. Penyebabnya juga bermacam-macam, seperti install custom rom yang gagal, salah install firmware dan lain-lain yang menyebabkan Android tidak bisa dinyalakan sama sekali, atau nyala tanpa adanya logo. Untuk mengatasinya adalah dengan melakukan flashing, bisa menggunakan software flash tool, smartphone flash tool atau dengan odin tergantung merek smartphone atau tabletnya.

Kesimpulan;

Apapun jenis bootloop, Android bisa diperbaiki karena yang mengalami kerusakan adalah softwarenya. Jadi jangan panik dan terburu-buru dibawa ke tukang servis, lakukan langkah tepat dan jangan takut salah.

Comments on this entry are closed.