Pengertian Kabel USB OTG (On The Go) dan Fungsinya

by Siti Eka Kurniati on March 4, 2016

Kemarin kita sudah membahas versi USB dan jenis konektor USB dan pernahkah kamu mendengar istilah USB OTG? USB OTG merupakan singkatan dari Universal Serial Bus On The Go yang biasa digunakan untuk menghubungkan gadget seperti smartphone atau tablet ke peripheral seperti printer, flasdisk, modem, kamera dslr, hardisk eksternal dan yang lainnya secara langsung. Namun, tidak semua smartphone atau tablet yang punya support USB OTG.

apa itu usb otg

Untuk mengecheck atau memeriksa apakah gadget kamu mendukung USB OTG atau tidak, kamu bisa memeriksa bungkus kardus dan melihat keteranggannya apakah gadgetmu support USB OTG atau tidak. Atau jika di kardusnya tidak ada keterangannya, kamu bisa mengunduh USB Host Diagnostic untuk mengetahui apakah smartphone atau tabletmu support USB OTG. Jika pada bagian kernel dan verdict kedua subnya berisi keterangan YES seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini maka gadgetmu mendukung USB OTG.

fungsi usb otg

Manfaat USB OTG

Pada bagian awal tadi sudah disebutkan bahwa USB OTG digunakan untuk menghubungkan gadget / device untuk membaca dan menulis data pada berbagai media penyimpan data seperti flasdisk, hardisk eksternal, card reader dan juga untuk membaca / mengenali perangkat input maupun output atau HID (Human Interface Device) seperti keyboard, mouse, printer, game pad dll. Selain itu, USB OTG juga bisa dihubungkan ke kamera DSLR untuk memfungsikan smatphone atau tablet menjadi panel kit dengan aplikasi DSLR Controller yang bisa kamu unduh di play store. Sangat berguna untuk fotografer yang mengalami kesulitan saat shuttling saat pengarahan pose atau bisa juga untuk viewfinder yang lebih luas dengan menggunakan tablet. Jika kamu membeli panel kit asli di toko bisa sampai jutaan. Dengan adanya USB OTG ini tentu kamu bisa sangat berhemat 😀

Selain itu, USB OTG juga bisa menghubungkan device ke modem. Hal ini tentu sangat berguna bagi tablet china yang tidak ada komponen selulernya. Driver modem usb host biasanya sudah terinstal pada kernel android tablet china. Lalu, USB OTG juga mampu membaca dan menulis data pada hardisk eksternal. Namun terkadang, pheriperal tersebut membutuhkan daya yang besar dan device (smartphone atau tablet) tidak bisa menyuplay daya tersebut. Solusinya adalah menggunakan kabel Y. satu cabang tambahannya bisa dihubungkan ke kepala charger.

Untuk langkah-langkah cara menghubungkan smartphone android ke printer, flasdisk, atau hardisk eksternal dengan kabel USB OTG akan kita bahas pada artikel selanjutnya. Jadi, tetap stay di alltutorial.net ya.. 🙂

Comments on this entry are closed.