Penyebab Android Lemot dan Solusinya

by Siti Eka Kurniati on August 25, 2015

Gadget mungkin sudah menjadi hal vital bagi kita, dan rasa-rasanya kita tak bisa lepas seharipun dengan smarthphone kita. Dengan ponsel android, kita bisa saling berkomunikasi, mendapat hiburan dan mendapat informasi secara global. Smartphone merupakan alat yang sangat mempengaruhi globalisasi di dunia. Hanya dengan sekali sentuh kita bisa langsung mendapat informasi dari belahan bumi lain dalam sekejap.

Penyebab Android Lemot dan Solusinya

Jaringan internet masa kini juga memudahkan para pengguna gadget untuk mengakses internet secara cepat. Di Indonesia sendiri bahkan sudah hadir jaringan 4G yang mempunyai kecepatan transfer data minimal 100 Mb pun saat kita berkendara dengan kecepatan penuh seperti di kereta api. Namun, bagaimana jika kita sudah mendapat signal 4G tapi hp android kita masih lemot. Mungkin penyebabnya karena hal-hal berikut ini.

Aplikasi

Jumlah aplikasi yang kamu pasang di gadget android sangat mempengaruhi kinerja gadgetmu. Banyaknya aplikasi yang terpasa pada hp android akan memakan RAM dan membuat smartphone mu lambat. Begitu juga saat kamu menjalankan terlalu banyak aplikasi secara bersamaan, gadget yang mempunyai RAM rendah akan semakin lemot. Jadi, pasanglah aplikasi yang memang benar-benar kamu butuhkan, juga jalankan aplikasi tidak secara bersama-sama seperti halnya memutar lagu sambil browsing atau bermain game. Jikapun kamu memang membutuhkan aplikasi yang cukup banyak, kamu bisa memasangnya di memory external. (hal ini hanya bisa dilakukan pada hp android yang telah di ROOT)

RAM

Kapasitas RAM dari masing-masing gadget memang berbeda. RAM inilah yang sangat mempengaruhi kinerja dari smartphone kamu, semakin besar RAM yang dimiliki oleh hp adroid kamu maka semakin cepat pula kinerjanya. Jadi bagi gadget yang memiliki RAM kecil bagaimana solusinya? Baca : Cara Mengoptimalkan Kerja RAM

Laucher

Laucher adalah sejenis aplikasi yang sering kita gunakan untuk mempercantik tampilan android dengan berbagai tema yang disediakan. Namun kadang, laucher justru tidak sinkron dengan settingan animasi di android dan menyebabkan banyak berkurangnya memorid dari hp android. Untuk itu, sebaiknya kamu tidak perlu mengganti launcher alias gunakan saja launcher yang sudah ada (asli dari pabrikan smartphone android masing-masing).

Widget

Pemasangan Widget yang berlebihan di layar awal akan menyebabkan smartphone menjadi lambat. Widget memang berfungsi agar kamu bisa mengakses aplikasi yang sering kamu gunakan secara cepat tanpa melalui layar menu. Namun begitu, terlalu banyak widget malah akan menambah lemot ponsel android milikmu dan widget yang seharusnya mempercepat kerjamu malah membuatnya jadi lambat. So, ada baiknya kamu hanya memasang widget yang memang benar-benar kamu perlukan saja.

Micro SD

Mungkin yang kamu kira akan dibahas adalah seberapa besar kapasitas memori external alias micro SD milikmu. Tapi bukan itu yang mempengaruhi kinerja ponsel android milikmu, melainkan kelas yang dimiliki Micro SD. Kalau kamu memperhatikan saat memberi micro SD, ada angka kecil yang tertera pada micro SD yaitu 4,6 atau 10. Nah manakah kelas micro SD yang cocok untuk smartphone android? Yang bertuliskan 10 lah yang cocok bagi hp android. Mengapa? Karena micro SD class 10 memiliki kecepatan tinggi yaitu 10MBps.

Live Wallpaper

Live wallpaper adalah layar homescreen yang terdapat animasi yang bisa bergerak. Selain dapat dengan cepat menghabiskan daya baterai, live wallpaper juga bisa membuat smartphone jadi lemot. Untuk itu, gunakanlah wallpaper dengan file foto atau gambar biasa saja agar tidak terlalu memakan RAM.

Itu tadi beberapa hal yang menyebabkan hp android mu jadi lemot. Untuk lebih mempercepat kinerja android kamu, kamu bisa mempraktekkan tips : Tips Meningkatkan Performa Ponsel yang mulai Melambat.

Comments on this entry are closed.