Penyebab Baterai Hp Kembung dan Solusinya

by Siti Eka Kurniati on September 5, 2015

Tentu kamu pernah melihat atau memiliki baterai hp yang menggelembung entah itu hp jadul atau smartphone masa kini. Baterai menggelembung seperti itu menandakan baterai hp mu sudah dalam keadaan rusak parah. Dan ada kemungkinan membuat hp atau smartphonemu bisa meledak! Hii.. syerem..

Penyebab Baterai Hp Kembung dan Solusinya

Sebenarnya apa sih yang bisa menyebabkan baterai bisa kembung seperti berisi air atau gas? Bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Nah kalau sudah terlanjur baterai hp kembung bagaimana solusi mengatasinya? Simak ulasan di bawah ini.

Penyebab Baterai HP Kembung

Penggunaan Ekstrim

Ada beberapa factor yang bisa menyebabkan baterai hp menggelembung dan yang paling berpengaruh adalah factor penggunaan oleh pemilik hp tersebut. Hp, terlebih smartphone, sekarang ini serasa tidak pernah lepas dari genggaman kita. Kita secare continue (terus menerus) menggunakan ponsel untuk berbagai kegiatan. Entah untuk keperluan komunikasi, pekerjaan, hiburan dan yang lainnya. Ponsel yang tidak pernah diistirahatkan serta digunakan secara ekstrim akan menyebabkan baterai cepat panas. Dan hal inilah yang akan membuat baterai hp kembung. Kebiasaan kamu yang sering menggunakan smartphone untuk gaming, browsing  di internet, menggunakan sosmed dengan rentang waktu yang lama bisa membuat bateraimu cepat panas dan akhirnya akan menggelembung. (Baca : Kebiasaan Yang Bisa Merusak Smartphone Android).

Usia Baterai

Semakin lama usia baterai, semakin rentan kemungkinan baterai tersebut bakal menggelembung. Pemakaian jangka panjang memang akan menyebabkan baterai mengeglembung.

Kualitas Baterai

Kualitas baterai hp juga mempengaruhi kinerja baterai tersebut. Semakin buruk kualitas baterai maka akan semakin cepat baterai tersebut menggembung. Usahakanlah membeli baterai asli dengan kualitas bagus jika kamu membutuhkan baterai baru.

Cara Mencegah Baterai Kembung

  • Karena penggunaan ekstrim bisa menyebabkan BATERAI HP BOROS dan cepat panas hingga menggelembung, maka hindarilah menggunakan hp secara berlebihan. Buatlah jeda saat ponselmu sudah terasa panas digenggaman agar smartphone bisa istirahat dam baterai kembali mendingin.
  • Jangan mengoperasikan ponsel saat sedang diisi daya (dicharge), hal ini akan menyebabkan ponselmu CEPAT PANAS dan akan membuatnya menggelembung. Gunakanlah hanya dalam keadaan penting saja saat ponselmu diisi daya.
  • Jangan menggunakan charger duduk (desktop). Menggunakan charger duduk malah akan membuat baterai hp cepat kembung, gunakanlah charger asli bawaan pabrik. Atau kalaupun charger hilang, belilah charger yang asli dari merk ponselmu karena kebanyakan ponsel berbeda-beda tegangannya. (baca : Tips Mencharge Baterai)
  • Jangan mendinginkan baterai hp dengan mengeluarkannya dari casing. Diamkan saja ponsel agar mendingin sendiri.

Mengatasi Baterai Kembung

Jika baterai hp mu sudah terlanjur menggelembung maka kamu harus melakukan sebuah langkah pendinginan. Pertama, keluarkan baterai dari chasing lalu bungkus dengan plastik. Masukkan baterai yang telah terbungkus plastic ke dalam freezer selama 1-2 hari. Setelah 1-2 hari, keluarkan baterai dan tunggu hingga baterai tidak terlalu dingin. Pasang kembali baterai dan charge dalam keadaan hp belum dihidupkan. Cara tersebut tidak sepenuhnya berhasil untuk beberapa kasus. Jika sudah begitu maka satu-satunya cara adalah dengan mendatangi salah satu konter terdekat dan belilah baterai baru. Belilah baterai asli atau yang sama dengan keluaran pabrik. Jangan terkecoh harga murah yang dibawah 50 ribuan. Baterai seperti itu tidak akan bertahan lama dan akan membuat hp mu cepat ngedrop.

Comments on this entry are closed.