Penyebab Hp Android Cepat Panas

by Siti Eka Kurniyati on August 27, 2015

Cara kerja ponsel android memang jauh berbeda dari generasi ponsel sebelumnya. Android sendiri merupakan sebuah system operasi buatan Android Inc. yang bernaung di bawah Google. Cara kerja ponsel android yang multitasking memang sangat berguna dan sangat menyenangkan.

Penyebab Hp Android Cepat Panas

Namun dibalik semua kemudahan tersebut, fungsi multitasking yang dimiliki oleh android terkadang menyebabkan perangkat smartphone jadi cepat panas. Hal apa saja sebenarnya yang bisa membuat ponsel android cepat panas? Simak ulasan di bawah ini :

Penggunaan yang Berlebihan

Bermain game adalah sesuatu yang mengasyikkan bagi sebagian orang. Apalagi kini dengan ponsel android kamu bisa menikmati game online maupun game offline dimanapun kamu berada secara mudah pun dengan graffis yang luar biasa. Namun, bermain game dengan rentang waktu yang lama akan membuat hp android milikmu cepat panas, apalagi jika ponsel androidmu tidak memiliki prosesor atau RAM yang mumpuni. (baca : CARA MEMILIH PONSEL ANDROID UNTUK GAMING). Selain bermain game dalam waktu panjang, kegiatan browsing serta penggunaan medsos seperti facebook dan  video chat bisa juga menyebabkan hp android cepat panas jika digunakan dalam waktu yang lama. Selain membuat panas hp android, terlalu menggunakan ponsel android secara berlebih juga akan MENYEBABKAN BATERAI ANDROID CEPAT HABIS. Segera hentikan penggunaan smartphone jika perangkat tersebut sudah terasa panas saat digenggamanmu. Biarkan hp androidmu mendingin baru kemudian kamu bisa menggunakannya kembali.

Banyaknya aplikasi yang berjalan di running backround

Dengan cara kerja android yang multitasking (bisa menggunakan beberapa aplikasi secara bersamaan) mempermudah kita menggunakan berbagai aplikasi yang kita sukai secara bersamaan. Membuka facebook sambil memutar music, lalu beralih ke twitter atau langsung ke bermain game. Kebiasaan yang tidak kita sadari tersebut nyatanya akan membuat ponsel android cepat panas karena sebenarnya aplikasi tersebut tidak benar-benar tertutup saat kamu beralih pada aplikasi lain. Aplikasi tersebut masih terus berjalan di running backround meski pada layar ponselmu tidak tampak.

Menggunakan Hp Android di Tempat Panas

Paparan sinar matahari secara langsung akan membuat ponselmu mudah panas. Untuk itu, jangan gunakan ponsel saat kamu berada di luar ruangan dengan terik matahari yang menyengat. Begitu pula saat kamu sedang berada di ruang sauna, jangan menggunakan perangkat ponsel android di ruang panas tersebut. Gunakanlah hp android di dalam ruangan yang bersuhu antarra 16°C sampai dengan 30°C.

Kerusakan pada Baterai

Mengecharge dengan charger tidak orisinal, dengan power bank atau di PC, mengecharge semalaman adalah hal yang busa membuat baterai cepat rusak. Dan hal tersebut akan membuat hp android cepat panas saat baru digunakan sebentar saja. (baca : TIPS MENCHARGE HP ANDROID)

Signal Tidak Stabil

Saat kamu sedang berpergian di daerah yang agak terpencil, kamu pasti sebal dengan signal yang buruk dan tidak stabil. Jika kamu sedang berada jauh dari tower BTS maka lebih baik kamu mematikan data perangkat supaya ponsel androidmu tidak terus-terusan mencari jaringan internet karena hal tersebut bisa membuat ponsel cepat panas.

Hp Android yang Kotor

Perangkat android yang jarang dibersihkan semakin hari akan semakin kotor dan berdebu. Debu yang berukuran micro bisa masuk ke dalam perangkatmu dan menyebabkan perangkat korslet dan memudahkan ponsel android cepat panas. Untuk itu rawatlah dengan benar ponsel android milikmu.

Setelah kamu mengetahu sebab-sebab mengapa android cepat panas, sekarang kamu bisa menentukan sikap BAGAIMANA CARA AGAR SMARTPHONE TIDAK MUDAH PANAS. Baca juga artikel kebiasaan yang bisa membuat hp android cepat rusak.

Comments on this entry are closed.