Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

by Siti Eka Kurniati on August 25, 2015

Sering tanpa kita sadari kuota internet yang kita miliki tiba-tiba habis padahal rasa-rasanya baru sebentar kita menggunakannya. Hal tersebut pasti akan membuat kita kesal karena mengharuskan kita membeli paket internet kembali, atau kalau kita sedang dalam keadaan genting, kita tak bisa menghubungi lewat what’s up, bbm ataupun messenger lain yang membutuhkan koneksi ke jaringan internet.

Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

Sebenarnya, kuota internet cepat habis itu bergantung cara penggunaan kita. Nah untuk itu, ada baiknya kamu mengetahui penyebab utama kuota internet cepat habis di bawah ini agar kamu bisa mencegahnya.

Streaming Video & Musik

Kegiatan streaming memang mengasyikkan. Kita bisa menonton mv serta  berbagai acara yang kita sukai asalkan dengan adanya jaringan internet yang stabil. Namun tahukah kamu bahwa streaming video menempati posisi bagian atas dalam hal pemborosan kuota? Bayangkan saja, hanya dalam 1 menit streaming video kamu sudah menghabiskan 50MB kuotamu. Dan jika kamu streaming dengan kualitas video yang high definition kamu bisa menghabiskan kuota internet yang kamu miliki sebanyak 500MB hanya dalam waktu 5 menit saja.

Chat Video

Chat video mungkin bagi sebagian orang sering melakukannya untuk menghubungi kerabat jauh yang tidak bisa dikunjungi karena jarak yang terlampau jauh semisal berada di luar negeri. Namun, sebaiknya kamu jangan terlalu sering melakukan chat video jika dirasa tidak terlalu penting. Pasalnya, chat video membutuhkan bandwith yang besar, sama seperti saat kita sedang streaming atau malah kadang lebih besar. Memang antar aplikasi chat video berbeda-beda dalam menghabiskan bandwith karena bergantung juga pada resolusi video yang digunakan. Jadi, untuk alternative lain mungkin kamu bisa menghubungi kerabatmu via texting yang jauh lebih hemat kuota jikalau tidak ada hal yang terlalu penting untuk disampaikan.

Game Online

Game online dengan grafis bagus memang sangat menarik untuk kita mainkan, namun begitu hal tersebut akan menguras kuota anda. Jadi, ada baiknya jika kamu sedang berhemat namun masih ingin bermain game, mainkan saja GAME OFFLINE yang tidak akan menguras kuota internetmu.

Download & Upload

Kegiatan download dan upload mungkin sering akrab dengan kita sehari-harinya, entah kamu mendownload gambar, video atau aplikasi yang sedang kamu butuhkan. Hal inilah yang terkadang kita tidak sadari akan menyedot kuota internet. Jadi sebelum mendownload, perhatikan benar ukuran file yang akan kamu unduh dan apakah kamu benar-benar membutuhkan file tersebut. Pun begitu ketika kamu ingin membagikan foto atau video kamu, terlebih mengunggah video ke youtube. Mengunggah video ke youtube dengan video yang berkualits HD bisa memakan kuota internetmu sebanyak 200 MB / menit. Jadi, jika anda ingin mengunduh atau mengunggah file berukuran besar lebih baik kamu menggunakan wifi, selain koneksi yang stabil, itu tidak akan menghabiskan kuota kamu.

Membuka situs gambar atau google gambar

Saat kita sedang searching gambar pasti kita akan membuka google gambar. Memang dengan membuka google gambar kita akan dengan mudah menemukan gambar yang kita inginkan, bahkan kita bisa mengatur warna apa saja yang kita cari atau seberapa besar resolusi yang kita inginkan. Tapi tanpa kita sadari, hal tersebut akan menguras kuotamu karna browser membutuhkan bandwith lebih untuk menampilkan gambar-gambar tersebut.

Itu dia tadi beberapa kegiatan yang membutuhkan kuota internet yang banyak. Jika kamu memang perlu melakukan kegitan di atas maka lebih baik kamu mengandalkan wifi saja. Untuk lebih menghemat kuota internet kamu, kamu bisa baca artikel cara menghemat kuota internet atau tips untuk menghemat kuota internet hingga 50%.

Comments on this entry are closed.