Penyebab Odin Tidak Mendeteksi Ponsel

by Siti Eka Kurniati on December 25, 2015

Odin adalah software yang sering di gunakan untuk kustomisasi ponsel. Software ini menjadi alternatif pertama bagi kamu yang akan melakukan kustomisasi pastinya. Namun terkadang terjadi kendala sebelum kamu memulai untuk melakukan kustomisasi. Padahal kamu sudah mempersiapakan segala sesuatunya seperti, USB, Firmware, ponsel dengan baterai penuh dan Odin tersebut tentunya.

Saat Odin mulai memberikan instruksi untuk menghubungkan ponsel kamu ke PC alhasil kamu pun melakukannya. Setelah ponsel dicolokkan ke port PC menggunakan kabel USB, tidak ada tanda apapun dari Odin. Ternyata ponsel kamu tidak terdeteksi oleh Odin. Hal tersebut pastinya akan menghambat keinginan kamu untuk melakukan kustomisasi ponsel. Ada banyak hal yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

Saya tertarik untuk membuat artikel ini karena banyak orang yang mengeluhkan karena Odin tidak mendeteksi ponsel mereka. Dan penyebab Odin tidak mendeteksi ponsel kamu antara lain sebagai berikut:

1. Pastikan bahwa Driver ponsel telah terinstal
Sebagian besar kemungkinan Odin tidak mendeteksi ponsel kamu karena tidak adanya driver yang telah terinstal di PC sesuai dengan tipe ponsel kamu. Pada umumnya, Windows akan mendownload file driver untuk ponsel kamu secara otomatis. Namun karena suatu hal mungkin kamu tidak bisa mendownload driver ponsel. Apakah itu karena PC kamu tidak ada koneksi ke internet ataupun kalau PC kamu terkoneksi dengan internet, auto-update drivernya tidak aktif.

Kamu bisa menginstal driver dari CD Driver bawaan ponsel kamu atau bisa mencarinya di Google dengan tambahkan keyword “driver” setelah menuliskan spek dan tipe ponsel kamu.

2. Kabel USB rusak atau kualitas buruk
Permasalahan berikutnya adalah tentang USB Kabel ponsel kamu. Odin sangat sensitif dengan kabel USB yang rusak atau kualitas buruk, sehingga Odin tidak akan mendeteksi ponsel kamu. Hal ini dikarenakan Developer Odin sendiri mengantisipasi kegagalan kustomisasi menggunakan Odin di tengah proses. Sehingga apabila kabel tersebut kurang bagus maka Odin tidak akan mendeteksinya walaupun ponsel kamu sudah terdeteksi oleh PC kamu. Karena juga hal yang membahayakan apabila ditengah proses kustomisasi, ponsel kamu tersenggol dan PC kehilangan kontak dengan ponsel kamu, yang akan mengakibatkan kegagalan atau bisa jadi bootloop.

Solusinya, kamu perlu membeli kabel USB yang baru dan kompatibel dengan ponsel kamu. Dan jangan lupa dengan Driver USB nya juga.

3. Odin bermasalah
Ada kemungkinan lain apabila ponsel kamu tidak terdeteksi oleh Odin. Namun masalah ini jarang sekali ditemui. Yaitu Odin corrupted atau penginstalan tidak sempurna. Biasanya menurut pengalaman saya kalau Odin tidak terinstal secara sempurna maka Odin tidak akan dapat terbuka. Dan akan menunjukkan Pop-up notifikasi bahwa Odin telah corrupted. Tetapi juga tidak menutup kemungkinan bahwa Odin masih bisa terbuka dan tidak mendeteksi ponsel kamu.

Solusinya kamu bisa mendownload ulang Odin. Saya sarankan agar kamu mendowwnload Odin dengan versi terbaru. Atau kamu bisa download di http://odindownload.com

4. Port USB bermasalah
Ponsel kamu tidak terdeteksi saat dihubungkan dengan PC. Tandanya adalah ketika kamu menghubungkan ponsel kamu ke PC, tidak akan muncul notifikasi apapun yang biasanya akan terlihat pada Task Bar Windows kamu. Hal ini dikarenakan kerusakan pada hardware USB port kamu yang mungkin telah kotor, longgar atau memang rusak.

Cobalah untuk membersihkan slot tersebut jika ada karat dengan menggosoknya dengan cotton bud. Jika longgar maka saya sarankan untuk membongkar CPU dan merapatkan kembali Port USB yang longgar menggunakan tang. Dan jika Port USB kamu memang rusak, cobalah Port yang ada dibelakang CPU dan biasanya lebih efektif dari Port USB di depan.

Demikian sekilas untuk penanganan penyebab Odin tidak mendeteksi ponsel kamu, semoga bermanfaat.

Comments on this entry are closed.