Perbandingan Smartfren B VS Samsung Z2 2017

by aries on March 17, 2017

Setelah sukses dengan Smartfren Andromax A yang dirilis akhir tahun lalu, salah satu vendor lokal ini kembali merilis smartphone low – endnya yang merupakan penerus dari Andromax A yakni Smartfren Andromax B. Dibanderol sedikit lebih mahal daripada Andromax A, smartphone ini membawa beberapa kelebihan daripada pendahulunya tersebut, seperti telah digunakannya sistem operasi Android Marshmallow dan banyak lagi lainnya.

Dan dengan spesifikasi yang dimiliki itu, Smartfren Andromax B sepertinya akan bersaing ketat dengan Samsung Z2 yang juga sama-sama dibanderol dengan harga di bawah 1 juta. Sementara itu Samsung Z2 juga tergolong cukup bagus untuk ukuran smartphone low-end terutama dengan prosesor Spreadtrum SC9830 miliknya. Lantas bagus mana antara Andromax B dengan Samsung Z2? Nah, untuk lebih jelasnya silahkan simak perbandingannya berikut ini.

Smartfren B vs Samsung Z2

Desain bodi

Sebagaimana smartphone-smartphone low-end pada umumnya, desain kedua smartphone ini juga tidak terlalu istimewa, karena keduanya dibalut dengan bodi plastik. Namun dari segi layar, Smartfren B unggul tipis dengan digunakannya layar 4.5 inch 480 x 854 pixels berteknologi IPS LCD Capacitive. Sedangkan Samsung Z2 menggunakan layar selebar 4,0 inch 480 x 800 pixels berteknologi TFT Capacitive.

Software dan hardware

Jika Smartfren B unggul dari segi layar, maka Samsung Z2 memiliki keunggulan dari segi dapur pacu. Di sini Samsung Z2 ditenagai oleh chipset Spreadtrum SC9830 dan dikombinasikan dengan prosesor Quad Core 1.5 Ghz Cortex – A53. Selain itu, smartphone ini juga telah mengandalkan GPU Mali – 400MP2 untuk menghadirkan grafis berkualitas.

Sementara itu Smartfren Andromax B hanya akan mengandalkan chipset Snapdragon 210 dan CPU Quad – core Cortex – A53 berkecepatan 1.1 GHz. Sedangkan untuk pengolah grafis, Smartfren menyerahkan urusan ini pada Adreno 304.

Dari segi RAM, kedua smartphone ini sama – sama sudah dibekali dengan RAM 1 GB. Kapasitas ini sudah terbilang cukup lumayan untuk ukuran smartphone di bawah 1 juta.

Kamera

Selanjutnya kita beralih ke sisi kamera. Di bagian ini, memang kedua smartphone sama – sama menggunakan kamera beresolusi 5 MP untuk kamera belakangnya. Namun, Smartfren Andromax B lebih unggul karena sudah menggunakan kamera depan beresolusi 5 MP juga, sedangkan kamera depan Samsung Z2 hanya menggunakan kamera VGA yang hasilnya dinilai jauh dari kata memuaskan.

Perbedaan juga terdapat pada fitur kamera belakang dimana kamera milik Smartfren Andromax B dilengkapi dengan fitur Autofocus dan LED Flash, sedangkan milik Samsung Z2 hanya menggunakan Fixed focus dan LED Flash.

Sistem penyimpanan

Sebagai smartphone yang menyasar pasar low-entry, maka wajar jika kedua smartphone ini dibekali dengan memori internal yang relatif kecil. Ya, baik Samsung Z2 maupun Smartfren Andromax B sama – sama dibekali dengan memori internal hanay sebesar 8 GB.

Namun, khusus untuk Samsung Z2, memori smartphone ini masih bisa diekspansi hingga kapasitas maksimal 200 GB dengan kartu memori eksternal. Kapasitas ini jauh lebih besar jika dibandingkan dengan Smartfren Andromax B yang hanya mampu menampung kartu memori berkapasitas hingga 32 GB saja.

Konektivitas

Jika sektor – sektor spesifikasi sebelumnya kedua smartphone ini saling mengungguli, maka pada sektor konektivitas, mereka bisa dibilang berimbang. Hal ini dikarenakan baik Samsung Z2 maupun Smartfren Andromax B sama – sama sudah dilengkapi dengan fitur konektivitas standard seperti Hotspot, GPS – A GPS Support, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Radio FM, Micro USB v2.0, dan Bluetooth v 4.1 A2DP.

Selain itu, kedua smartphone ini ternyata juga telah mendukung jaringan tercepat saat ini yaitu 4G LTE dan jaringan-jaringan lain di bawahnya. Sebuah fakta yang sangat menarik mengingat smartphone ini dibanderol sangat murah, sekitar 800 ribuan saja.

Baterai

Nah, meskipun Samsung Z2 memiliki prosesor dan chipset yang lebih baik ternyata tidak membuat smartphone ini dibekali dengan baterai yang baik pula. Tercatat, smartphone garapan Samsung itu hanya menggunakan Li-ion berkapasitas 1500 mAh saja, lebih rendah dari pada Smartfren Andromax B yang memiliki baterai Li-ion berkapasitas 1950 mAh plus fitur Smart Optimizernya.

Harga

Dari segi harga, dua smartphone low – entry ini dibanderol dengan selisih yang sangat tipis. Smartfren Andromax B dijual dengan harga Rp. 849.000,-, sedikit lebih mahal dari pada Samsung Z2 yang dibanderol Rp. 829.000,-.

Comments on this entry are closed.