Perbedaan Antara ‘Clear Cache’ dan ‘Clear Data’

by aries on January 13, 2017

Bagi kamu yang pernah mengalami masalah aplikasi atau software ponsel Android, seperti pesan error Google Play Store, atau pesan error ‘Camera Failed’, tentu akan diberi saran untuk melakukan yang namanya ‘clear cache’ atau clear data’. Kedua solusi ini sangat sering dianggap sebagai obat manjur bagi Android yang sedang bermasalah. Tapi masalahnya, apa kamu tahu perbedaan diantara kedua langkah yang sepertinya hamper sama ini? Nah, jika kamu belum tahu dan masih penasaran, simak artikel tentang perbedaan antara clear cache dan clear data berikut ini :

Apa itu ‘clear cache’ aplikasi ?

Cache adalah tempat penyimpanan sementara dari sebuah perangkat, yang mempertahankan beberapa jenis data. Tujuan dari cache adalah untuk mempercepat kinerja dan kelancaran perangkat dalam beroperasi dan mengurangi jumlah data yang diproses dan dikonsumsi.

Setelah kamu baru saja merestart ponselmu, apakah kamu sadar betapa lambatnya aplikasi kameramu saat dibuka pertama kalinya, sementara setiap upaya berikutnya menjadi lebih cepat? Peningkatan kecepatan setelah peluncuran awal aplikasi ini berkat adanya data cache. Demikian pula, kamu mungkin menemukan bahwa sebuah situs bisa memuat laman lebih cepat pada kunjungan kedua kalinya. Sekali lagi, ini adalah karena file seperti gambar telah disimpan sebelumnya dalam cache.

Seringkali, tidak ada kebutuhan khusus untuk secara manual mengelola data cache, karena Android sangat mampu melakukan hal ini sendiri. Namun, jika sebuah aplikasi mulai berperilaku tidak normal (error) atau berhenti bekerja, maka kamu mungkin ingin secara manual mengambil langkah ini (membersihkan cache).

Ketika kamu membersihkan sebuah data cache aplikasi, maka kamu akan menghilangkan file-file sementara yang ditaruh di sana, dan kamu pasti akan terkejut betapa sering langkah yang sederhana ini bisa bekerja dengan baik. Kamu juga semestinya mencatat, bahwa bagaimanapun juga, hal itu tidak bisa menjadi jaminan untuk kinerja ponsel yang lebih baik, dan aplikasinya bahkan mungkin bisa saja malah lebih lambat pada saat kamu menggunakannya.

Apa itu ‘clear data’ aplikasi?

Menghapus data aplikasi adalah sebuah langkah yang lebih berat. Sementara cache bisa dihapus dengan sedikit resiko bagi settingan aplikasi, preferensi dan kondisi yang telah disimpan, maka menghapus data berarti akan menghapus ini sepenuhnya.

Clear data akan mereset sebuah aplikasi kembali ke kondisi default (tampilan apa adanya) : hal itu akan membuat aplikasi layaknya seperti kamu pertama kali mendownload dan menginstalnya. Misalnya saja, kamu mengubah settingan dari aplikasi fitness favoritmu. Kamu telah mengatur lamanya latihan dan pengaturan suaranya. Menghapus cache, tidak akan mempengaruhi pengaturan yang telah kamu simpan. Namun dengan clear data, maka kamu akan menghapus semuanya.

Kapan clear cache dan clear data diterapkan ?

Ada beberapa situasi di mana kamu mungkin ingin menghapus data atau cache aplikasi. Pertama, untuk menghemat ruang penyimpanan. Beberapa aplikasi dapat menyimpan data yang tidak diperlukan lagi (aplikasi podcast sering bersalah dalam hal ini) hingga mencapai gigabyte. Dalam hal ini, kamu mungkin ingin menghapus data mereka.

Yang lain, dan lebih umum, alasannya adalah untuk mengatur ulang aplikasi ke keadaan default jika aplikasinya telah menjadi bermasalah, terkena bug, atau beberapa gangguan lainnya.

Bagaimana cara melakukan clear cache dan clear data?

Sebaiknya, kamu melakukan penghapusan cache preventif dari waktu ke waktu, dan saat kamu melakukannya, maka lakukan mulai dari daftar aplikasi yang menghabiskan data paling banyak. Cara clear cache adalah :

  • Pergi ke menu ‘Setting’
  • Klik ‘Apps’
  • Temukan tabulasi ‘all’
  • Pilih aplikasi yang paling banyak mengambil ruang penyimpanan
  • Klik tombol ‘Clear Cache’. Jika kamu menggunakan Android 6.0 Marshmallow pada perangkatmu, maka kamu perlu untuk mengklik menu ‘Setting‘ > ‘Storage’ > pilih di mana kamu menyimpan aplikasinya (internal atau eksternal ) > pilih aplikasi yang akan dihapus cache nya > lalu tekan ‘Clear cache’.

Untuk menghapus data, lakukan hal yang sama seperti yang disebutkan di atas, hanya saja kali ini klik ‘Clear Data’.

Namun langkah ini hanya bekerja untuk menghapus satu aplikasi saja. Dalam rangka untuk menghapus semua cache dari setiap aplikasi sekaligus, maka ikuti langkah di bawah ini :

  • Pergi ke menu Setting
  • Klik Storage (penyimpanan) > Cache Data or Saved Data (Data dalam cache)
  • Lalu sebuah layar akan muncul meminta konfirmasi untuk mennghapus semua yang tersimpan dalam cache. Konfirmasi dan simpan untuk menghapus kontennya.

{ 0 comments… add one now }

Leave a Comment