Perbedaan Headset, Handsfree, Headphone, Backphone dan earphone

by Siti Eka Kurniati on October 10, 2015

Sekilas, tiga kata di atas (headset, handsfree dan earphone) memiliki arti yang sama yaitu sebuah perangkat audio yang sering melengkapi berbagaiĀ  gadget. Dan banyak orang sering keliru membedakan jenis perangkat audio tersebut. Sebenarnya masih ada beberapa perangkat lain yang namanya mirip dengan perangkat di atas. Berikut ini akan kami sebutkan satu persatu beserta penjelansannya.

Earphone

Earphone adalah perangkat audio yang dipasang di telinga, berbentuk mungil digunakan untuk memusatkan suara / audio. Kamu bisa cek gambarnya di bawah ini. Cara kerja alat ini adalah mengubah energy listrik menjadi gelombang audio. Earphone bisa digunakan dalam berbagai perangkat seperti komputer, home theater, CD / DVD player, ponsel dll. Bentuknya yang kecil dan ringkas, earphone sering dimafaatkan oleh para crew pertelevisian untuk memudahkan mereka berkomunikasi.

Headphone

Headphone berbentuk seperti bando, dengan dua penutup telinga untuk memusatkan audio yang dioutputkan oleh sebuah perangkat ke telinga kita. Headphone ada yang memiliki kabel yang menghubungkannya dengan gadget, ada juga yang tanpa kabel atau wireless. Headphone wireless biasaya menggunakan fitur Bluetooth untuk menghubungkannya ke perangkat.

Headset

Perangkat ini mirip dengan headphone, namun bedanya headset dilengkapi dengan microphone, biasa digunakan untuk berkomunikasi melalui komputer (video chating dengan menggunakan berbagai sosmed yang mendukungnya. Baca : Aplikasi Video Chating Android)

Handsfree

Kalau yang satu ini adalah perpaduan dari earphone dan microphone dan fungsi control yang menyertainya. Control tersebut bisa meliputi tombol menerima panggilan, tombol volume, pause / play music dan lain sebagainya, jadi pengguna bisa melakukan control tersebut tanpa harus memegang / menyentuh perangkat yang tersambung ke handsfree. Bentuknya kecil untuk menyumpal telinga dan praktis membuat banyak pecinta gadget yang menggunakan aksesoris ini. Media koneksi handsfree kebanyakan menggunakan Bluetooth.

Backphone

Back yang berarti belakang sudah bisa menggambarkan maksud dari perangkat ini. Backphone mempunyai bentuk yang mirip dengan headset dan headphone dengan penutup telinga yang lebih kecil. Jika headset dan headphone memiliki bentuk seperti bando yang cara pemakaiannya juga mirip bando, maka cara pemakaian backphone adalah dengan menyelipkan pengait ke celah telinga agar perangkat tidak jatuh.

Handset

Sebenarnya ini bukanlah perangkat audio, namun namanya sering disalah kaparahkan karena memang mirip dengan headset atau headphone. Handset merupakan sebuah perangkat berukuran segenggaman tangan seperti smartphone, ipod dll.

Nah itu dia tadi penjelasan masing-masing dari perbedaan earphone, headset, headphone, backphone, handsfree dan handset. Semoga bisa menambah pengetahuan kalian semua šŸ™‚

Comments on this entry are closed.