Perbedaan Laptop Notebook dan Netbook

by Siti Eka Kurniati on October 13, 2015

Di artikel sebelumnya, kita telah membahas tentang perbedaan berbagai output device yang namanya hampir sama yaitu headset, headphone, handsfree dan yang lainnya. sekarang kita juga akan membahas istilah dari perangkat yang mungkin sering kita dengar namun ternyata perangkat tersebut mempunyai perbedaan yang cukup signifikan

beda laptop notebook netbook

Tentu kamu pernah mendengar yang namanya laptop, notebook seta netbook bukan? atau bahkan kamu mempunyai dari ketiga perangkat yang telah disebutkan itu. Tapi tahukah kamu perbedaan dari 3 perangkat yang tampilannya mirip tersebut?  Laptop, notebook serta netbook merupakan komputer jinjing yang compatible di bawa berpergian. Sebenarnya dari ketiga jenis tersebut masih ada beberapa jenis lagi namun kurang sering disebutkan (kurang populer). Berikut ini akan kami ulas satu persatu agar kamu tidak salah lagi dalam menyebutkannya.

Laptop

Laptop merupakan generasi awal dalam bidang komputer portable. Masyarakat luas mungkin sering menganggap bahwa setiap komputer jinjing itu adalah laptop padalah laptop mempunyai perbedaan yang mencolok dibanding dengan komputer jinjing lain. Menurut bahasanya, laptop mempunyai “arti di atas pangkuan”,  jadi komputer laptop mempunyai arti perangkat komputer yang berukuran kecil hingga mampu diletakkan di atas pangkuan kita. Laptop emiliki ukuran dan bobot yang lumayan berat dibandingkan dengan komputer jinjing yang lainnya.  Biasanya memiliki ukuran layar 18 inch atau lebih. Laptop dilengkapi dengan DVD Room, speksifikasi yang tinggi, dengan kegunaan utama yang hampir menyeluruh seperti komputer yaitu untuk keperluan office, grafis, internet, gaming dan lain. (baca : tips memilih laptop grafis)

Notebook

Perbedaan mencolok antar notebook dan laptop adalah ukurannya. Notebook memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan laptop. Kalau secara bahasa, notebook bisa diartikan sebagai buku catatan. Buku catatan biasanya ringan, kecil dan mudah dibawa kemana-mana, jadi notebook dibuat dengan ukuran yang lebih kecil ringan dan mudah dibawa saat berpergian. Ukuran layarnya antara 13,1 – 18 inch. Notebook juga jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan laptop. Ini karena ukurannya yang lebih kecil. Rata-rata notebook tidak menyediakan DVD ROM karena notebook yang dituntut mempunyai ukuran kecil ringan dan tipis.

Netbook

Netbook adalah ukuran terkecil dari semua jenis komputer jinjing. Ukuran layarnya berkisar antara 6 – 13 inch dan tanpa memiliki DVD ROM. Karena ukurannya yang kecil dan ringan, netbook memiliki spesifikasi yang lebih rendah dibandingkan dengan komputer jinjing lainnya. Netbook lebih menspesifikasikan fungsinya untuk kegiatan office dan internet.

Comments on this entry are closed.