Perbedaan Layar qHD, HD, Full HD, QHD, dan Ultra HD pada Smartphone

by Yaniar Asmara on February 17, 2017

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, ada banyak inovasi baru untuk sebuah smartphone, yang mana salah satunya adalah dari sisi layarnya. Bagi anda pengamat smartphone, pastinya sering atau sangat familiar dengan istilah layar HD, layar Full HD, qHD ataupun layar Ultra HD. Lantas, tahukah Anda apa yang dimaksud, perbedaan dari berbagai jenis layar tersebut?

Perbedaan Layar qHD, HD, Full HD, QHD, dan Ultra HD pada Smartphone

Sebelum membahas tentang perbedaan dari beberapa jenis layar tersebut, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu mengenai perkembangan dari jenis-jenis layar tersebut. Yang mana tentunya, jenis-jenis tersebut ada karena perkembangan teknologi yang selalu ada pembaharuan/perbaikan. Dimulai pada tahun 2011, smartphone pada umumnya hanya memiliki layar dengan resolusi 640 x 480 piksel saja. Layar tersebut dikenal dengan nama SD atau standard definition. Baru kemudian setelah beberapa tahun berselang, setiap smartphone minimal memiliki resolusi HD.

Dan pastinya, smartphone dengan resolusi layar yang rendah akan memiliki kualitas gambar yang juga rendah. Sebaliknya, apabila ponsel pintar Anda memiliki layar dengan resolusi tinggi, kualitas gambarnya tentu akan lebih baik. Dan hal tersebut, biasanya berbanding lurus dengan harga smartphone tersebut. Makin mahal suatu smartphone pastinya makin terkini/canggih teknologi yang tersemat didalamnya.

Oke, kembali ke pembahasan awal, berikut ini telah kami rangkum mengenai perbedaan layar jenis qHD, HD, WXGA, FHD, QHD dan Ultra HD. Langsung saja untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini.

Jenis-Jenis Layar Smartphone

  • Layar dengan Resolusi qHD

Jenis yang pertama, yang kami ulas adalah jenis layar smartphone yang menggunakan resolusi qHD. Oya, perlu anda ketahui, bahwa qHD dengan QHD itu berbeda. Penggunaan “q” dengan huruf kecil berarti “quarter” atau seperempat. Artinya, layar hanya memiliki resolusi seperempat dari resolusi full HD. Ukuran resolusi layarnya adalah 960 x 540 piksel. Rasio layarnya sebesar 16:9 atau memanjang. Resolusi qHD bisa dibilang yang paling sederhana.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2

Comments on this entry are closed.