Perbedaan TF Update dan SDImage

by aries on November 14, 2015

Melihat judul artikel ‘Perbedaan TF Update dan SDImage’ tentu yang akan dibahas di sini berkaitan dengan Smartfren Andromax. TF Update dan SDImage adalah sebuah kumpulan file yang berfungsi untuk flash smartfren Andromax yang mengalami bootloop atau hang logo. Keduanya akan bekerja sesuai fungsinya jika sudah di copykan ke SD Card.

Perbedaan TF Update dan SDImage dan fungsinya masing-masing

TF Update dan SDImage merupakan sebuah firmware untuk flash Anromax yang saling melengkapi, artinya jika sebauh Andromax sudah memiliki TF update, biasanya tidak tersedia SDImage-nya.

Keberadaan TF Update dan SDImage sangatlah penting, terutama bagi mereka yang mempunyai HP smartfren Andromax atau bagi Anda yang buka servis HP. Namun sayang, tidak semua tipe HP Andromax mempunyai file TF Update ataupun SDImage-nya. Sepertinya kedau file tersebut memang tidak di share oleh pihak Smartfren itu sendiri. Saya kira kita tidak perlu cari tahu kenapa demikian. 🙂

Meskipun keduanya memiliki fungsi yang sama, tapi ada perbedaan antara keduanya. Berikut penjelasan lengkapnya;

TF Update

  1. Tidak sedikit HP Andromax yang diflash dengan TF Update tapi tidak berhasil. Hal in biasanya disebabkan TF Update systemnya sama atau satu tingkat dibawah Andromaxnya. Misalnya Andromax dengan OS Android JB, di flash dengan TF Update sesama JB atau dengan ICS.
  2. Jika tidak berhasil, tidak berakibat fatal pada Smartfren Andromax
  3. Selain harus memasukan SD Card yang sudah berisi TF Update, juga harus menekan ketiga tombol (power, vol +, dan vol -) agar proses upgrade bisa berjalan

SDImage

  1. Cocok atau tidak cocok dengan Smarfren Andromax yang kita miliki, SDImage tetap akan berjalan untuk melakukan update. Jadi hal ini bisa menyebabkan Andromax matot atau setengah mati. Biasanya file-file asli dari Andromax seperti boot.img, recovery.img dan lainnya akan hilang kalau memang tidak cocok. Kalau sudah demikian, akan semakin sulit untuk mengatasi Andromax yang bootloop tadi. Jadi bawa saja ke SC Smartfren.
  2. Jika tidak berhasil, akan berakibat fatal seperti saya jelaskan pada poin pertama
  3. Cukup dengan memasukkan SD Crad yang berisi SDImage lalu menekan tombol power, proses update akan otomatis berjalan.

Comments on this entry are closed.