Perjalanan error Lenovo A859, dari bootloop sampai Invalid IMEI

by aries on September 4, 2015

Setelah sukses mengatasi masalah error “TOOL DL Image Fail, uboot is blocking by dl info” pada Lenovo A859, smartphone tersebut pun bisa kembali nyala seperti sedia kala. Saya berfikir ini adalah akhir dari deretan eror yang pernah saya atasi sebelumnya. Mulai dari;

  1. Bootloop setelah install custom rom
  2. Error “PMT changed for the ROM”
  3. Error “TOOL DL Image Fail” seperti yang saya sebut di atas.

ternyata tidak, masih ada eror lain pada Lenovo A859, yakni IMEI tidak valid alias invalid IMEI. Sebenarnya saya sudah mulai curiga saat bar sinyal hanya muncul untuk SIM 1 saja. Padalah jelas, dua kartu SIM telah saya masukkan sebelumnya. Untuk cek pulsa, sms, dan telp juga tidak bisa. Kemudian saya coba cek imei dengan menekan *#06#, ternyata benar imei tidak valid.

Tutorial cara mengatasi invalid imei Lenovo A369i pun saya coba terapkan untuk Lenovo A859 ini. Pada tutorial tersebut dijelaskan, setelah kita masukkan IMEI yang ada di balik batre untuk phone 1 (sim 1), dilanjutkan dengan memasukan imei untuk phone 2, baru kemudian direstart. Setelah restart, saya coba cek imei *#06# hasilnya justru terbalik (imei untuk sim 2 berada di sim 1, sedangkan imei untuk sim 2 justru tetap tidak valid)

Kemudian saya coba selingi restar diantara proses memasukkan imei sim 1 dan sim 2, hasilnya tetap saja terbalik seperti gambar di bawah ini.

Perjalanan error Lenovo A859, dari bootloop sampai Invalid IMEI

Saya coba dengan metode lain, yakni dengan menerapkan tutorial cara mengatasi invalid imei Evercoss A12 dengan MTKDroidTool. Alasanya sederhana, karena Evercoss A12 dengan Lenovo A859 sama-sama berchipset MTK. Seperti kita ketahui, MTK Droid Tool tidak hanya sekedar untuk backup ROM saja, namun bisa juga digunakan untuk mengatasi invalid imei setiap Android MTK.

Setelah selesai, Lenovo A859 pun benar-benar normal lengkap dengan imei seperti sedia kala. Untuk cek pulsa, sms, dan telp pun menjadi lancar tanpa ada kendala.

Cara mengatasi invalid IMEI Lenovo A859

Demikian akhir cerita sekilas perjalanan lenovo A859 yang bermula dari install CWM, lalu bootloop sampai berakhir pada masalah invalid IMEI. Jadi cerita ini tidak to be continue ya, tapi sudah the end. 🙂

Comments on this entry are closed.