Pertanyaan dan Solusi Seputar Flashing Samsung Replika

by aries on September 8, 2015

Setelah saya menyertakan nomor handphone di halaman kontak, banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang masuk, terutama masalah flash samsung galaxy S5 supercopy.

Saya berharap, dengan adanya rangkuman dari beberapa pertanyaan yang masuk, bisa dijadikan referensi untuk masalah atau pertanyaan yang sama. Jadi saya tidak kecapekan jawabnya. 🙂 Berikut ini rangkumannya;

Pertanyaan dan Solusi Seputar Flashing Samsung Replika

Pertanyaan
Apakah saya harus download dan install samsung driver?

Solusi
Tidak, tapi install MTK driver. Karena ini merupakan replika alias samsung yang tidak asli.

Pertanyaan
Mas, saya tidak punya kabel USB-nya Samsung S5 ini. Kalau Pakai Kabel USB biasa bisa nggak?

Solusi
Bisa banget, colokin ke port usb yang lebih lebar. USB tiga di replika S5 hanya tipuan 🙂

Pertanyaan
Gan, kenapa pas dipencet firmware upgrade muncul pesan “please make sure all necessary images are checked to be download for firmware upgrade”

Solusi
Muncul pesan seperti diatas dikarenakan ada file (biasanya usrdata atau cache) yang belum tercentang sebab file location nya kosong. Untuk itu klik file location jika kamu menggunakan SP Flashtool versi 5, lalu cari file yang sesuai di folder fimware. Jika menggunakan SP flash Tool versi tiga, klik pada bagian filenya. [Lihat ket. gambar di atas]

Kalau ternyata, pada folder firmware tersebut file yang dicari tidak ada, berarti hanya bisa flash dengan metode “download” tidak bisa “firmware upgrade”. Hal ini tidak hanya terjadi pada samsung supercopy saja, namun setiap Android MTK juga bisa muncul pesan seperti diatas.

Pertanyaan
Ane mau minta saran gan. Samsung S5 supercopy habis diflash, layar mati (blank). Cuman ada suaranya saja.

Solusi
Hal ini dikarenakan LCD Driver IC yang tidak sesuai sehingga menyebabkan layar tidak bisa tampil. Untuk itu, penting mengetahui firmware yang tepat untuk samsung replika sebelum melakukan langkah flashing.

Pertanyaan
Apa cara flash samsung s5 replika harus masuk ke mode download dulu, soalnya HH saya tidak bisa nyala gan. Nyala cuman layar hitam aja.

Solusi
Kalau samsung replika, tidak ada istilah download mode via odin sebagaimana samsung asli. Jadi HH agan masih bisa diflash. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca; cara membedakan samsung asli dan samsung supercopy.

Pertanyaan
Setelah klik fimware upgrade kenapa proses flashing tidak kunjung dimulai.

Solusi
Setelah klik Firmware upgrade atau download, HH dicolokan ke PC, lalu pasang baterainya. Tunggu beberapa saat. Jika proses flashing tetap tidak berjalan, berarti MTK driver belum terinstall atau sudah terinstall tapi belum sukses.

Comments on this entry are closed.