Pilih Meizu MX6 atau Xiaomi Redmi Note 4 ?

by Yaniar Asmara on March 18, 2017

Meizu MX6 adalah smartphone produksi Meizu yang merupakan penerus dari Meizu MX5. Jika dilihat dari desainnya, smartphone terbaru dari Meizu ini memang sangat mirip dengan pendahulunya tersebut. Namun, di berbagai komponen, Meizu MX6 jelas lebih unggul dari pada Meizu MX5. Apalagi dengan desain da bezel yang membuatnya tampak sangat tipis di kedua sisinya.

Meizu MX6 VS Xiaomi Redmi Note 4

Nah, di segmen yang sama, ternyata smartphone apik ini akan bersaing ketat dengan Xiaomi Redmi Note 4. Smartphone garapan Xiaomi ini sedang naik daun dan banyak diburu oleh para penggemarnya berkat kesuksesan Redmi Note terdahulu. Lantas jika dibandingkan, mana yang lebih baik antara Xiaomi Redmi Note 4 dan Meizu MX6? Daripada Anda penasaran kenapa tidak langsung saja simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Perbandingan Meizu MX6 vs Xiaomi Redmi Note 4 2017

Desain bodi

Dari segi desain, kedua smartphone ini sama – sama memiliki desain bodi yang sangat memukau. Jika Meizu MX6 terlihat sangat mewah dengan balutan bodi full metalnya, maka Xiaomi Redmi Note 4 tidak kalah bagus dengan menggunakan bodi bermaterialkan alumunium. Di bagian belakang dua smartphone ini juga telah terdapat sensor fingerprint sebagaimana smartphone flagship pada umumnya.

Nah, untuk layarnya, Meizu MX6 dan Xiaomi Redmi Note 4 tampil cukup berimbang. Hal ini dikarenakan mereka sama – sama dibekali dengan layar seluas 5.5 inch beresolusi 1080 x 1920 pixels dengan kerapatan 401 ppi serta berteknologi IPS LCD Capacitive. Layar ini juga telah dilengkapi dengan fitur Light sensor dan Proximity sensor.

Software dan hardware

Dari sisi desain dan tampilan smartphone kita beralih ke dapur pacu. Di bagian ini, Meizu MX6 sedikit lebih unggul dari pada Xiaomi Redmi Note 4. Meizu MX6 ditenagai dengan chipset MediaTek Helio X20 MT67697 serta CPU Deca-core berkecepatan 2.3 GHz (64 bit). Tidak hanya itu, smartphone ini juga mengandalkan GPU Mali-T880 MP4 untuk mengolah grafis serta 4 GB RAM sebagai memori akses.

Berbeda dengan Meizu, Xiaomi Redmi Note 4 hadir dengan chipset Qualcomm 625 8953 yang dikombinasikan dengan prosesor Octa-core berkecepatan 2.0 GHz Cortex A53 (64 bit). Selain itu smartphone ini juga akan menggunakan GPU Adreno 506 sebagai pengolah grafis dan RAM berkapasitas 4 GB.

Sedangkan untuk softwarenya, kedua smartphone sama – sama akan menjalankan sistem operasi Android Marshmallow v6.0.

Kamera

Nah, untuk fitur kamera, Redmi Note 4 sedikit lebih unggul dari pada Meizu MX6. Hal ini dikarenakan Xiaomi Redmi Note 4 dibekali dengan kamera belakang beresolusi 13 MP lengkap dengan fitur Dual LED, Autofocus, CMOS, image sensor, dan Back illuminated sensornya. Sementara di bagian depannya, smartphone ini hanya dibekali dengan kamera beresolusi 5 MP saja.

Sedangkan pesaingnya, yakni Meizu MX6, memiliki kamera beresolusi 12 MP dengan fiturnya seperti Dual LED, CMOS image sensor, dan autofocus. Sama seperti Xaomi Redmi Note 4, Meizu MX6 juga dilengkapi dengan kamera depan beresolusi 5 MP saja.

Sistem penyimpanan

Untuk urusan memori, Xiaomi Redmi Note 4 lebih unggul dari pada Meizu MX6. Hal ini dikarenakan smartphone asal Tiongkok tersebut telah dibekali dengan memori internal berkapasitas 64 GB dan masih bisa diperluas lagi menggunakan kartu SD hingga kapasitas maksimal 128 GB.

Sedangkan Meizu MX6 hanya memiliki 32 GB memori internal tanpa tersedianya slot micro SD sehingga kapasitasnya tidak dapat diekspansi lebih lanjut.

Konektivitas

Baik Xiaomi Redmi Note 4 maupun Meizu MX6 akan dibekali dengan fitur konektivitas terbaru seperti Bluetooth v.4.1, Wi-Fi 802.11, Wi-Fi Direct, Hotspot, micro USB v2.0, GPS A-GPS Support, dan lain-lain. Sedangkan untuk jaringannya juga sudah mendukung 4G LTE, 3G HDSPA, serta yang terendah 2G GSM.

Baterai

Baterai milik Xiaomi Redmi Note 4 memiliki kapasitas daya yang lebih besar yakni 4100 mAh (Li-ion) sedangkan Meizu MX6 hanya memiliki kapasitas daya 3060 mAh (Li-ion) saja.

Harga

Menurut informasi, Meizu MX6 dibanderol dengan harga $300 sedangkan Xiaomi Redmi Note 4 $190. Untuk masalah harga memang cukup terpaut jauh bedanya. Untuk itulah banyak orang yang lebih memilih Xiaomi Redmi Note 4 daripada Meizu MX6. Sebab, dengan harga yang terpaut lumayan jauh, Xiaomi memiliki spesifikasi yang hampir seimbang dengan Meizu MX6.

Comments on this entry are closed.