Pilih Notebook, Netbook, atau Slimbook? Baca Tipsnya Dulu

by aries on April 29, 2014

Semakin banyaknya komputer jinjing (atau yang lebih populer dengan istilah laptop, meskipun sebenarnya ini kurang tepat)  membuat kita bingung untuk memilihnya, dari mulai notebook, netbook, dan slimbook. Mana yang harus kamu pilih?. Sebelum menjawab pertanyaan ini, tentunya yang harus kamu ketahui adalah perbedaan dari masing-masing notebook, netbook, dan slimbook. Sebenarnya ada satu lagi, yaitu ultrabook, namun tidak akan saya bahas di sini mengingat jenis ini kurang populer di kalangan kita. Dengan mengetahui perbedaan tersebut, bujet kamu akan sesuai dengan sasaran kebutuhan yang secara otomatis bujet yang dikeluarkan terasa maksimal dengan barang yang di dapat.

Perlu diketahui, salah satu alasan produsen merilis berbagai model komputer jinjing adalah mengakomodasi kebutuhan pengguna. Makanya dari itu, sebagai user harus tahu mengenai model yang dibutuhkan dan disesuaikan dengan kebutuhan sehingga biaya yang di keluarkan pun tidak sia-sia.

Pilih Notebook, Netbook, atau Slimbook? Baca Tipsnya Dulu

Sebelum menginjak kepada pembahasan perbedaan antara notebook, netbook, dan slimbook, yang perlu kamu catat adalah ‘spesifikasi mempengaruhi harga’. Artinya jika kamu membutuhkan komputer jinjing hanya untuk mengerjakan tugas di Microsoft office, berselancar di dunia maya sambil menikmati musik, tentunya tidak perlu memilih spesifikasi yang tinggi. Namun, jika untuk editing video, gambar, dan desain grafis misalnya, tentunya kamu membutuhkan komputer jinjing dengan spesifikasi yang tinggi ditunjang kapasitas RAM yang mumpuni. Tentunya harga lebih mahal daripada opsi yang pertama.

Mengenal notebook, netbook, dan slimbook

  • Ukuran notebook

Dari segi fisik, notebook atau biasa dikenal dengan istilah laptop ini memiliki ukuran layar mulai dari 13 – 17 inchi. Dengan body yang tebal diseratai optical drive seperti DVD-RW atau Blue-ray Drive merupakan ciri khas dari notebook itu sendiri, dan ini wajib ada.

  • Performa notebook

Dari segi kinerjanya, notebook memiliki banyak opsi tergantung dengan prosesor yang dipakai. Untuk kisaran harga 3-4 juta, notebook jenis ini memakai prosesor intel dual core. Dengan prosesor ini, bisa digunakan untuk mengerjakan tugas di Microsoft office, berselancar di internet. Untuk pekerjaan lebih dari itu, sebaiknya pilih prosesor core i3, core i5, atau core i7 dan tentunya harga juga lebih mahal.

Memang di luar sana ada yang masih menawarkan notebook dengan prosesor core 2 dua yang sebenarnya sudah cukup umur. Harganya pun lebih murah namun masih tetap mumpuni untuk mengerjakan tugas seperti pada opsi pertama.

Sedangkan untuk prosesor AMD, notebook kebanyakan memakai platform Brazos khusunya tipe E-series. Selain platform ini, terdapat juga notebook yang menggunakan platform AMD Llano yang beberapa serinya sudah dibekali dengan quad-core, sehingga performanya jauh lebih bagus daripada Brazos yang hanya dual core.

  • Ukuran netbook

Pada awalnya netbook diproduksi dengan layar ukuran 7 – 9 inch, namun akhir-akhir ini banyak produsen yang memunculkan seri netbook dengan ukuran 9 – 12 inch. Dengan ukuran maksimal 12 inch, menjadikan netbook lebih mobile sehingga memudahkan user dalam menjalankan pekerjaannnya.

  • Performa netbook

Awal munculnya netbook di plot untuk koneksi internet saja, sehingga tidak membutuhkan prosesor kelas atas seperti halnya notebook. Namun sekarang netbook tidak mau kalah dan sudah membekali diri dengan prosesor core i3, dual core dengan dukungan RAM 2 GB.

  • Ukuran & performa Slimbook

Slimbook ini merupakan perpaduan antara notebook dan netbook, artinya ukuran layarnya adalah 13 inch namun body-nya ramping tidak seperti notebook. Untuk performa, bisa dikatakan slimbook juga dibekali dengan prosesor seperti halnya netbook.

Kesimpulan

  1. Jika kamu membutuhkan komputer jinjing untuk pekerjaan berat seperti rendering video, desain grafis, dan lainnya, Notebook adalah pilihan tepat.
  2. Jika hanya sekedar mengerjakan tugas di Microsoft office sesekali berselancar d internet sambil menikmati musik, cukup pilih Netbook saja.
  3. Jika kamu tidak menginginkan komputer jinjing dengan spesifikasi tinggi, namun menginginkan kenyamanan dalam menatap layar dengan ukuran lebar, Slimbook adalah pilihan yang paling tepat.

.

Comments on this entry are closed.