Plus Minus Aplikasi Online Dating

by aries on May 20, 2015

Sebelum kamu memutuskan untuk mengunduh aplikasi online dating pilihan dan bergabung dalam komunitas penggunanya, ada baiknya kamu perimbangkan dan ketahui lebih dulu kelebihan dan kekurangan dari penggunaan aplikasi online dating. Berikut akan kami ulas plus minus dari aplikasi dating online:

kencan online

Nilai plus dari online dating

  • Menambah teman baru

Bila pada awalnya kamu hanya ingin semakin menambah teman, tentu dengan aplikasi ini kamu akan mendapatkan koneksi yang lebih luas dan berpotensi membawa manfaat positif semisal pekerjaan atau hubungan baik.

  • Mendapat teman yang memiliki hobi yang sama

Jika kamu menemukan teman yang klop diajak ngobrol, tentu hal ini akan membuatmu merasa nyaman dan pada akhirnya memiliki teman yang punya hobi sama.

  • Hemat waktu dan biaya

Melalui online dating, tentu kita akan semakin menghemat waktu dan biaya. Karena, kita tidak perlu repot mengajak teman kencan untuk ketemuan di restoran, mall, atau tempat hiburan yang lain. Kita pun bisa dengan leluasa melakukan obrolan kapanpun dan di manapaun kita inginkan selama terkoneksi aplikasi ini.

  • Mengurangi rasa grogi

Sebagian dari kita tentu pernah mengalami yang namanya grogi atau nervous saat melakukan PDKT secara langsung. Namun hal itu tidak akan terjadi jika kita melakukannya lewat online dating. Kita bisa dengan nyaman chatting dengan lawan jenis tanpa harus khawatir merasa canggung atau salah tingkah.

  • Mendapatkan jodoh

Tujuan akhir dan utama bagi orang yang serius mencari pasangan melalui online dating, apa lagi kalau bukan untuk mendapatkan jodoh? Memang sih, belum ada data yang akurat mengenai berapa jumlah persis pasangan yang sukses hingga ke jenjang pernikahan. Namun, tetap ada juga yang beruntung mendapatkan jodoh berkat aplikasi kencan online ini.

Nilai minus dari online dating

  • Informasi (foto, biodata, dan alamat) yang dicantumkan bisa saja palsu

Ini akibat kita tidak tahu sosok sebenarnya dari orang yang diajak bicara lewat online.  Informasi berupa foto atau biodata hanyalh kulit luarnya saja. Namun, sifat dan kepribadian  lawan jenis tisak bisa kita ketahui dengan jelas. Bisa saja kita mengobrol dengan orang yang sebenarnya berniat jahat.

  • Pemalsuan status relationship

Ini salah satu kekhawatiran terbesar saat menggunakan online dating. Kita tidak tahu status sebenarnya dari lawan bicara kita. Bisa saja orang berbohong bahwa dirinya single, padahal sudah berstatus menikah.

  • Masalah privasi

Jika kamu mencantumkan alamat rumah dan email asli, bahkan data dirimu selengkapnya, bisa saja hal ini akan dimanfaatkan untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu, jangan mudah mencantumkan atau memberikan data pribadi kepada seseorang yang baru kita kenal lewat online untuk mencegah terjadinya penipuan.

  • Tidak menjamin mendapat jodoh

Perlu diingat, ini hanyalh layanan bantuan untuk kamu mencari pasangan. Bukan berarti hal ini akan menjamin 100% kamu sukses mendapatkan jodoh. Bila cocok, kamu bisa lanjut ke hubungan yang lebih serius, bila tidak cocok, maka kesempatan itu akan tertutup.

  • Rentan terhadap penipuan

Penipuan sering kali terjadi bila kita terlalu mempercayai seseorang yang kita kenal lewat online. Kita bisa menjadi korban penipuan secara materi (uang), berhubungan dengan seseorang yang ternyata sudah berstatus menikah, atau ditawari pekerjaan yang ternyata berujung pada human trafficking (perdagangan manusia).

Comments on this entry are closed.