Plus Minus dari Facebook

by aries on October 30, 2014

Ingin membuat akun Facebook? Sebaiknya ketahui dulu sisi positif dan negatif dari Facebook itu sendiri. Sebagaimana kita tahu, saat ini banyak sekali jenis media sosial yang beredar, mulai dari Twitter, Path, Instagram, Linkedln, Facebook, dan masih banyak lagi. Dari semua jenis medsos tersebut, mana yang menjadi jawaranya di Indonesia? Tentu saja Facebook. Ingin tahu berapa pengguna Facebook di Indonesia saat ini? Tidak tanggung-tanggung, terdapat 65 juta lebih pengguna aktif Facebook di negeri tercinta ini.

Plus Minus dari Facebook (Efek Positif & Negatif)

Lalu, apa yang membuat media sosial ini memiliki begitu banyak penggemar? Tentu masing-masing medsos memiliki keistimewaan dan kekurangan sendiri-sendiri. Untuk lebih tahu detil mengenai kelebihan dan kekurangan Facebook (efek positif dan negatif), simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Nilai plus (efek positif) dari Facebook

Bicara soal manfaat, tentu setiap pribadi memiliki jawaban sendiri tentang kegunaan Facebook bagi mereka. Namun secara umum, beberapa manfaat penting dari penggunaan Facebook adalah:

  • Menjalin relasi kerja baru dan berkomunikasi dengan teman lama.

Hal ini merupakan manfaat yang paling banyak dirasakan para pengguna Facebook. Dengan Facebook, kita akan dengan mudah terhubung dengan teman-teman lama pada masa sekolah dan teman main waktu kecil. Bahkan, kita bisa membuat grup tersendiri yang beranggotakan teman-teman zaman SMA / SMP untuk menagadakan acara reuni bersama atau saling bertukar informasi dengan satu sama lain. Facebook jelas akan semakin mempererat tali persahabatan dan menambah teman baru.

  • Sebagai sarana bisnis

Manfaat lain dari Facebook adalah, dapat kita jadikan sebagai sarana berbisnis. Jika kamu ingin bisnismu lebih tersebar dan semakin menjaring banyak konsumen, kamu bisa memasarkannya secara online via Facebook. Tidak hanya kamu sebagai penjual yang diuntungkan, namun para pembeli juga ,merasakan hal yang sama karena mereka tidak perlu repot-repot untuk mendatangi mall atau toko untuk mendapaatkan barang yang mereka inginkan. Tinggal pilih barang dan pesan lewat Facebook, simple bukan?

  • Untuk kampanye / mempromosikan profil diri

Facebook merupakan salah satu cara efektif yang ditempuh oleh para politikus atau calon wakil rakyat untuk berkampanye dan mempromosikan diri mereka agar semakin dikenal masyarakat luas dengan cara membuat halaman Facebook atau Facebook Fans Page. Salah satu penggunanya tentu presiden baru kita, Jokowi yang mengaku bahwa Facebook menjadi salah satu media yang ikut andil besar untuk bisa berinteraksi dengan masyarakat.

  • Menambah ilmu dan pengetahuan

Facebook tidak hanya melulu berisi hiburan dan bisnis semata, karena Facebook juga menyediakan halaman timeline yang berisi link-link artikel menarik. Isinya bahkan bisa berupa bahasan yang sedang menjadi trending topik saat ini.

Nilai minus (efek negatif) dari Facebook

Selain sisi positif, setiap hal juga pasti memiliki sisi negatif. Berikut adalah sisi negatif yang biasa dialami para pengguna Facebook:

  • Masalah kesehatan

Apa hubungannya Facebook dengan kesehatan? Jika kita renungkan lebih dalam, berlama-lama berkutat dengan Facebook bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan. Bayangkan, jika kamu mengahabiskan sebagian besar waktumu didepan komputer atau layar smartphone hanya untuk menggunakan Facebook, tentu kita menjadi ingin ngemil. Mengakses Facebook sambil duduk atau berbaring dikamar ditemani snack-snack ringan tentu akan mengasyikkan. Dampaknya, berat badan akan melonjak karena terlalu banyak ngemil dan badan kita kurang gerak. Bisa juga mengakibatkan gangguan pencernaan dan penurunan penglihatan karena terlalu lama berada didepan komputer atau gadget.

  • Masalah social

Tidak bisa dipungkiri memang, Facebook seolah menjadi ‘candu’ tersendiri bagi para penggunanya. Yang bahaya adalah, jika kita sampai lupa diri dan lingkungan disekitar kita. Melalui Facebook, kamu malah bisa dengan bebas mengekspresikan diri melalui komentar dan status yang kamu tulis. Sebaliknya, di dunia nyata malah semakin menjauh karena terlalu sibuk dengan gadget dan tenggelam dalam percakapan dunia maya.

  • Masalah keluarga

Banyak sekali terjadi kasus yang disebabkan oleh Facebook. Masalahnya pun bisa berupa banayk hal. Mulai dari rasa cemburu pasangan dan rasa tidak percaya antara suami istri, semakin besarnya jurang pemisah antara anak dan orang tua, hingga hubungan yang tidak harmonis antar sesama teman.

  • Masalah kriminal

Saat ini, banyak sekali kasus penipuan yang terjadi melalui Facebook. Banyak penipu yang menggunakan akun palsu untuk mengelabui korbannya. Modusnya pun berbeda-beda, mulai dari urusan bisnis, jalinan cinta hingga pertemanan

  • Maslah tugas dan pekerjaan

Bagi orang yang sudah kecanduan Facebook, mereka pasti akan mengabaikan tugas dan pekerjaan mereka. Daripada mengerjakan tugas sekolah dan urusan pekerjaan, mereka lebih memilih asyik untuk mengomentari status teman. Sebagai langkah antisipasi, beberapa perusahaan bahkan memblokir situs Facebook karyawannya selama dikantor agar mereka tetap fokus pada pekerjaan.

Comments on this entry are closed.