Ponsel Dual Kamera

by Siti Eka Kurniati on December 22, 2015

Ponsel dengan kamera tunggal pun kita sudah cukup membanggakan bagi saya. Hingga beberapa waktu lalu saya dicengangkan oleh terobosan baru ponsel dual kamera. Apakah perbedaan antara dual kamera dan kamera tunggal? Apakah ukuran foto menjadi lebih besar? Dan saya bertanya-tanya dalam hati saya. Yang saat itu pertama kali diluncurkannya HTC One (M8).
Begitu saya usut lebih jauh dan lebih dalam lagi ternyata ponsel dual kamera memiliki beberapa keunggulan. Pada dasarnya telephoto-lens adalah lensa yang digunakan pada ponsel untuk fotografi yang mendukung zoom atau perbesaran. Dan ponsel tersebut mendukung digital zooming, yang mana lensa kamera tersebut tidak benar-benar memperbesar ukuran gambar yang diambil. Hanya mendekatkan kita dengan objek yang akan kita ambil gambar sedangkan kualitas foto tidak bertambah.

Jadi jika memang kualitas kamera hanya yang telah dipaparkan pada review. Tidak akan bertambah ketika kamu melakukan zoom. Jika kita melakukan zoom secara berlebihan maka gambar akan terlihat pecah. Nah, itulah yang kita namakan piksel. Maka ukuran piksel suatu ponsel telah mentok pada kamera dan lensanya saja. Namun dengan ponsel dual kamera ini, zoom bisa lebih bagus karena gambar akan terlihat lebih 3D dengan kefokusan dual kamera.

Di samping itu dengan dual kamera kita bisa mengambil gambar lebih luas lagi karena dual kamera ini. Seperti halnya kita memfoto dua tempat yang bersebelahan kemudian kita menggabungkannya dalam satu foto. Jadi daya cakupnya akan lebih luas secara menyamping.
Menurut Prof. David Mendlovic, yang telah menemukan system ini bersama Dr. Gal Shabtay. Dual kamera ini menawarkan cahaya tingkat rendah dan ukuran gambar 4x dari kamera Smartphone biasa.


Karena sistem pada kamera dituntut untuk beroperasi lebih keras, karena penggunaan dual kamera ini. Maka prosesor ponsel harus memiliki kualitas ponsel High-End atau model terbaru di pasaran.
Mendlovic mengatakan bahwa ponsel dengan teknologi ini akan mengguncang pasaran pada pertengahan tahun depan.
Dual kamera ini disebut dengan sistem Corephotonics . Dan pada akhir-akhir ini ada terobosan yang hamper menyerupainya yaitu Huawei P9 Apakah ponsel dual kamera Huawei akan sama dengan terobosan HTC One. Mari kita sama-sama tunggu peluncurannya.

Comments on this entry are closed.