Posisi Duduk yang Baik saat Menggunakan Komputer

by Siti Eka Kurniati on October 17, 2015

Para user komputer pasti sering mengeluhkan pinggang atau tangan mereka yang nyeri jikalau terlalu lama berada di depan komputer. Sebenarnya itu adalah akibat dari posisi duduk kita yang kurang tepat saat menggunkan komputer. Posisi duduk sangat mempengaruhi efisiensi kerja kita. Jika posisi duduk kita salah maka kita akan mudah lelah dan merasa tidak nyaman hingga pekerjaan kita terganggu.

posisi duduk yang baik saat bekerja dengan komputer

Jadi bagaimana posisi duduk yang benar saat menggunakan komputer? Dibutuhkan keselarahan penempatan monitor, mouse , keyboard serta tempat duduk. Kamu bisa menyimak tips bekerja dengan komputer berikut ini.

Posisi Perangkat

  • Kalau kamu memang sehari-harinya bekerja dengan komputer, ada baiknya kamu menggunakan meja yang khusus dibuat khusus untuk menempatkan perangkat komputer baik itu pc monitor dan keyboard. Meja khusus tersebut menyediakan ruang untuk menyimpan pc juga papan geser untuk meletakkan keyboard dan mouse.
  • Tempatkan monitor pada sebuah meja dengan layar yang sejajar atau lebih rendah sedikit dengan mata kita. Ini dilakukan supaya kita tidak perlu mendongak atau menunduk terlalu lama. Mendongak atau menunduk terlalu lama tentu akan membuat leher kita sakit bukan.
  • Atur jarak pandangan antara monitor dan mata sekitar 50 – 60 cm.
  • Gunakan tingkat kecerahan serta ketajaman monitor sesuai kenyamanan matamu (jangan terlalu cerah atau terlalu redup) atau gunakan screen protector untuk mengurangi radiasi cahaya dari layar monitor.
  • Tempatkan monitor pada tempat yang tidak memantulkan mata. Pantulan cahaya yang bisa cepat membuat matamu lelah, jadi aturlah penerangan ruang kerjamu agar tidak terlalu redup atau terang.
  • Tempatkan keyboard pada tempat yang membuat siku anda nyaman. Yaitu siku anda membentu sudut 90 derajat saat menggunakan keyboard atau mengetik.
  • Posisikan mouse tepat di sebelah keyboard supaya kamu mudah menjangkaunya

Posisi badan

  • Duduklah yang tegak santai dan rileks, jangan membungkuk. Pilihlah kursi yang ada sandarannya dan beroda supaya jika kamu lelah kamu bisa sambil bersandar atau bisa menggeser kursimu untuk memudahkanmu bergerak sambil mengambil sesuatu. Kamu juga bisa memilih kursi dengan ketinggian yang bisa kamu atur sendiri supaya kakimu bisa menapak dengan pas di lantai.
  • Saat kamu bekerja dengan keyboard (mengetik) posisikan sikumu supaya membentuk sudut 90 derajat dan usahakan agar posisi pergelangan tidak banyak berubah (bergeser). Gerakkanlah jari-jarimu saja saat mengetik supaya bahu dan pergelangan tanganmu tidak nyeri.
  • Tegakkan pula kepalamu bukan mencondonkannya ke depan. Hal ini berguna untuk mengurangi resiko nyeri pada leher.
  • Ubahlah sesekali posisi dudukmu jika kamu bekerja dalam waktu lama di depan komputer. Atau renggangkanlah badanmu tiap setengah jam sekali.
  • Umumnya, mata akan berkedip 18 kali tiap menit. Namun saat memandangi layar monitor dan focus pada pekerjaan entah kita sadari atau tidak kita jadi jarang berkedip. Untuk itu, istirahatkan mata setiap 2 jam sekali dengan mengalihkan mata dari layar monitor. Kamu bisa mengolahragakan mata setelah memandangi monitor dengan melihat kea rah jendela luar dengan pandangan yang jauh.

Nah, sekarang kamu sudah tau kan posisi yang baik saat bekerja di depan komputer. Kamu bisa mengurangi rasa pegal atau nyeri yang sering mampir di punggung atau bahumu. (baca juga : melindungi mata saat menggunakan smartphone)

Comments on this entry are closed.