Review Aplikasi JNE Untuk Android

by aries on April 22, 2015

Budaya jual beli online di Indonesia kini semakin berkembang pesat dan menjadi tren tersendiri bagi sebagian besar masyarakat. Yang menjadi alasan utamanya tentu adalah kepraktisan, kecepatan, dan kemudahan dalam melakukan transaksi jual beli. Pembeli tidak perlu mendatangi langsung toko atau butik sang penjual secara langsung.

Dalam situasi seperti ini, tentu jasa ekspedisi dan pengiriman barang menjadi lahan yang subur dan merupakan elemen terpenting dalam proses jual beli online, yang bertindak sebagai penghubung antara penjual dan pembeli.

Salah satu penyedia jasa ekspedisi dan pengiriman yang sudah terkemuka di Indonesia adalah JNE. Meski sudah punya nama besar, bukan berarti tidak ada potensi kesalahan dalam proses pengiriman. Karena hal itu bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Guna meminimalisir kesalahan tersebut, JNE meluncurkan aplikasi mobile berbasis Android bernama JNE Express Across Nations yang merupakan layanan penelusuran pengiriman (tracking) terhadap barang-barang yang dikirim lewat JNE. Aplikasi ini juga bisa diperoleh gratis di Google Play Store.

aplikasi JNE di Android

Ingin tahu seperti apa kelebihan dari aplikasi mobile ini dibandingkan dengan situs resminya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Tampilan Antarmuka (UI)
Aplikasi JNE ini tampil dengan tampilan dan fitur yang sederhana dan mudah dioperasikan. Jadi, pengguna tidak perlu ribet dalam menggunakan aplikasi dan bernavigasi. Pengguna langsung bisa menemukan semua fitur pada halaman utama, dan tinggal memilih fitur yang dikehendaki seperti status pengiriman, biaya pengiriman, dan letak lokasi agen JNE terdekat.

Fitur
Ada beberapa fitur yang disediakan. Daintaranya, pengguna bisa mengecek tarif biaya paket untuk pengiriman barang yang dipesan menggunakan jasa ekspedisi JNE. Lokasi agen JNE dan letak keberadaan barang kiriman pun juga sesuai dengan apa yang ditampilkan oleh masing-masing perusahaan ekspedisi. Selain itu, ada fitur menarik bernama One Klick Notif yang bisa amy gunakan saat kamu ingin memonitor sebuah proses pengiriman barang yang berharga dan penting. Untuk mengeceknya, kamu tidak perlu berulang kali memasukkan nomer resi, tapi cukup menekan tombol One Klick Notif ini untuk mengeceknya lagi.

Kinerja
Untuk mengoperasikan aplikasi ini sangatlah mudah. Kamu cukup memasukkan kota asal, tujuan (alamat penerima barang), jasa pengiriman yang ingin digunakan (apakah OKE, REG, YES, atau SPS), dan berat barang yang akan dikirim untuk mengecek berapa biaya tarif ongkirnya. Setelah semua terisi, kamu pun langsung bisa mengetahui berapa total ongkos kirim yang akan dibayarkan. Jika ingin mengecek status pengiriman, kamu tinggal memasukkan nama penerima dan nomer resinya dan aplikasi akan langsung mengirimkan info tentang status pengiriman tersebut.

Kesimpulan
Aplikasi tracking proses pengiriman JNE ini tergolong lengkap, mulai dari kita bisa melakukan pengecekan status pengiriman, mengetahui tarif ongkir, hingga menemukan lokasi agen JNE terdekat. Selain itu, tampilannya yang minimalis dan simple, menjadikannya mudah digunakan. Dan yang terpenting, aplikasi ini bebas dari yang namanya iklan yang sering mengganggu. Kekurangannya, database yang ada dalam aplikasi mobile ini belum selengkap dengan yang ada di website resminya.

Comments on this entry are closed.