Review, Harga & Spesifikasi Advan Vandroid Gaia S4D

by aries on August 25, 2014

Guna menarik simpati para kaum remaja yang menjadi segmen pasar yang dituju oleh produk teranyar dari Advan ini, mereka menggandeng grup vocal JKT 48 sebagai brand ambassador Advan Vandroid Gaia S4D. Lalu, segaya apakah smartphone yang katanya mencerminkan style dan fashion dari kawula muda ini? Berikut adalah ulasan lengkapnya:

Desain & layar

Seperti halnya penampilan sang ikon JKT 48, smartphone ini terlihat modis dengan bodi yang ramping berbalut casing dengan warna-warna yang cerah. Permukaan casingnya pun tampak kesat, sehingga tidak mudah meninggalkan bekas jari jemari. Sayangnya, untuk mendapatkan casing yang berwarna-warni tersebut, kita harus membeli sendiri karena dijual terpisah. Sedangkan untuk casing yang terdapat pada paket penjualan smartphone, rata-rata berwarna hitam polos saja.

Review, Harga & Spesifikasi Advan Vandroid Gaia S4D

Dengan ukuran 4,7 inchi, layar dari  Gaia S4D tergolong lega untuk menikmati video ataupun memainkan game. Layarnya juga sudah menggunakan IPS LCD yang sudah mendukung QHD sehingga tampilan gambarnya terlihat tajam dan cerah. Responnya cukup sensitif, dengan mendukung lima titik sentuh.

Kinerja

Berbekal prosesor Quad core ARMv7 1.2 GHz dengan dukungan RAM 512 MB menjadikan kinerja dari smartphone ini tergolong baik. Hasil uji kinerja dengan menggunakan AnTuTu benchmark pun juga mendapatkan hasil yang lumayan, yakni 14.275 poin. Namun, saat diuji coba secara langsung untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, muncul gejala lag karena aplikasinya tidak bisa dipindah ke memori eksternal. Berhubung baterainya hanya berkapasitas 1500 mAh, maka siap-siap menyediakan power bank jika digunakan untuk aktifitas yang intens seperti main game, memotret ataupun internetan. Sedangkan untuk pemakaian yang normal, baterai bisa bertahan kurang lebih 10 jam.

Kamera

Dengan adanya dua kamera utama 8 MP, dan kamera depan 3 MP, sudah mencukupi kebutuhan kita dalam memotret dan berselfie ria. Hasil jepretan kameranya juga tampak bagus dan alami, meski ada sedikit gradasi warna biru pada objek foto. Detil dari objek fotonya pun juga tampak terlihat jelas. Fitur kamera yang tersedia cukup lengkap, seperti self timer, burst shot yang biasa digunakan untuk memotret objek gerak, dan ISO watching, meski tidak terdapat mode panorama. Lain halnya dengan video yang nyaris tidak ada fiturnya.

Audio

Untuk menikmati musik, kamu bisa gunakan menu Music yang sudah dilengkapi equalizer untuk menyesuaikan setingan musik sesuai dengan selera. Ada fitur Shake switch song yang memungkinkan kamu untuk berganti lagu hanya dengan menggoyangkan smartphone, ada pula Skin Set yang memberi kamu keleluasaan untuk merubah latar tampilan menu Music. Untuk suara yang dikeluarkan dari speaker maupun headsetnya terdengar jernih dan merdu.

Kesimpulan

Memilik bodi ramping dan casing berwarna catchy yang trendy, menjadi daya jual tersesndiri bagi samrtphone yang dibanderol dengan harga Rp 2.500.000 ini. Sayangnya, kapasitas RAM yang terbatas (hanya 512 MB), dan tidak adanya fitur yang special menjadi titik lemah dari Advan Gaia S4D.

Spesifikasi Advan Vandroid Gaia S4D

Jaringan GSM 850/900/1800/1900 | GRPS/EDGE, WCDMA 850/900/2100 | 3G
Dimensi Panjang: 138 mm | Lebar: 68 mm | Tebal: 9 mm
Berat 140 g
Baterai 1500 mAh
Display 4.7 Inch IPS LCD, 540 x 960 qHD
Sistem Operasi Android v. 4.2 Jelly Bean
Prosesor QuadCore 1.2 GHz
RAM 512 MB
Multimedia Kamera 8 MP, FLASH | 3 MP
Konetivitas Bluetooth 4.0, WLAN 802.11 b/g/n
Memori Internal: 4 GB, Eksternal: MicroSD up to 32 GB

 

Comments on this entry are closed.