Review, Harga & Spesifikasi Advan Vandroid S5J+

by aries on May 1, 2015

Sudah menjadi rahasia umum kalau smartphone lokal desain dan casingnya standar serta nyaris sama satu sama lainnya. Yah.., casing yang kurang berkualitas dan sisi desain yang monoton seakan menjadi ciri khas smartphone lokal. Bertolak belakang dengan jeroannya yang sudah cukup bagus bahkan berani diadu dengan smartphone global.

Review, Harga & Spesifikasi Smartphone Advan Vandroid S5J+

Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk smartphone Advan Vandroid S5J+ yang memiliki desain berkelas dan bahan material yang berkualitas. Penasaran dengan spek smartphone lokal yang satu ini, simak ulasannya berikut ini.

Desain & Layar

Berbekal casing yang terbuat dari aluminium yang tipis namun kokoh, menjadikan desain dari Advan S5J+ tampak elegan. Apalagi warna aluminiumnya adalah biru gelap, jadi terkesan macho. Selain itu bagian tepi layar yang hampir merapat ke sisi kanan dan kiri casing juga membuatnya tampak menarik.

Dengan bentuk yang agak memanjang membuat Advan S5J+ ini terasa nyaman saat digenggam meski ukuran layarnya cukup luas. Ada sedikit yang perlu digaris bawahi, bagian casing belakang agak licin sehingga mudah jatuh saat digenggam dengan tangan yang berkeringat.

Penempatan port dan tombol sudah sangat tepat. Tombol volume di kanan, power di kiri, jack audio di atas, port microUSB di bawah, membuatnya bisa diakses dengan mudah tanpa saling menggangu. Misalnya, saat Advan S5J+ diisi ulang, sambil browsing dan mendengarkan musik. Tentunya, kabel tidak akan saling tersangkut.

Resolusi layarnya lumayan bagas, sesuai dengan luas layarnya yang 5 inchi. Tampilan ikon dan tulisannya tampak jelas dan tajam. Namun, layarnya kurang begitu responsif, jadi ada sedikit jedanya yang cukup kentara saat digunakan untuk membuka aplikasi secara bersamaan.

Kinerja

Secara umum kinerja dari Advan S5J+ cukup bagus, hasil uji Antutu Benchmark cukup lumayan, yakni 19546 atau satu tangga dibawah skor dari Lenovo A6000 dan Xiaomi Redmi 2. Saat dipakai untuk browsing, membuka beberapa aplikasi, juga bermain game yang cukup besar, Advan S5J+ lancar-lancar saja, meski sesekali ditemukan gejala lag. Namun, hal ini masih bisa dimaklumi. Kinerja yang lumayan bagus seperti itu tidak lain karena Advan S5J+ berbekal prosesor MTK Quad Core 1.3 GHz serta dukungan RAM 1 GB dan GPU Mali-400MP.

Koneksi via kabel data microUSB sangat mudah dilakukan. Smartphone langsung terdeteksi saat dikoneksikan ke PC dan memilih opsi penyimpanan USB. Proses lepas pasang kabel data ini juga lancar tak ada kendala sama sekali.

Yang perlu diperhatikan dari Advan S5J+ adalah baterainya yang lumayan boros. walaupun dalam pemakaian yang normal. Sehingga kudu di charge ulang dalam setengah hari.

Kamera

Advan S5J+ memiliki fitur kamera yang cukup lengkap, di antaranya adalah face beauty, panorama, live photo, HDR, scene, color effect, white balance, exposure, zero shutter, voice capture, face detection, smile shot, timer, dan fitur continues shot yang biasa digunakan untuk menangkap objek gerak.

Berbekal resolusi kamera 8MP plus flash, menjadikan hasil jepretan Advan S5J+ diluar rungan cukup tajam, meski agak sedikit berlebihan sehingga justru detailnya fotonya berkurang. Sedangkan di dalam ruangan hasil jepretannya kurang memuaskan meskipun dibantu dengan flash, nois atau bintik-bintik tetap muncul. Sejalan dengan hasil jepretannya adalah hasil rekaman videonya yang lumayan bagus saat di outdoor dan kurang memuaskan untuk merekam di dalam ruangan.

*Lanjutannya, klik page 2 yang ada di bawah

Page: 1 2

Comments on this entry are closed.