Review, Harga & Spesifikasi Lenovo A6000

by aries on April 29, 2015

Baru diluncurkan, Lenovo A6000 langsung mendapat respon yang bagus di pangsa pasar smartphone. Flash sale di Lazada kurang dari 30 menit, Lenovo A6000 langsung ludes terjual. Hal ini disebabkan harga Lenovo A6000 cukup terjangkau, padahal spesifikasinya lumayan bagus. Apalagi ditambah dukungan 4G yang menjadi daya pikat tersendiri. Apa saja sih yang menyebabkan Lenovo A6000 menjadi primadona saat ini, simak ulasannya berikut ini;

Review, Harga & Spesifikasi Smartphone Lenovo A6000

Desain & Layar

Sekilas desain Lenovo A6000 yang tipis dan berbentuk kotak seperti smartphone khas Sony Xperia. Ukurannya yang panjang akan terasa nyaman saat digenggam. Tombol volume dan power yang terletak di sisi kanan pun mudah dijangkau sehingga mudah dioperasikan.

Di bagian atas, terdapat jack audio 3.5 mm dan port microUSB yang membuat agak ribet saat dipakai secara bersamaan. Casing penutup sangat mudah untuk dibongkar pasang. Selain itu, juga ada bonus back case transparan yang disertakan saat pembelian.

Layarnya sangat tajam dan terang sehingga nyaman saat dipakai, terlebih didukung resolusi full HD pada layarnya yang berukuran 5 inchi. Hanya saja, layar ini belum dipasang dengan anti gores, jadi perlu penambahan lapisan screen guard sendiri sebelum layarnya kusut. Layarnya sangat responsif dan gesit tanpa gejala lag meski sudah banyak aplikasi yang terinstal seperti game Real Football 2015 dan Asphalt 8 yang tergolong game berat untuk Android.

Kinerja

Untuk urusan kinerja, bisa dikatakan cukup bagus berkat proseor quad core dan dukungan RAM 1GB. Lenovo A6000 ini lancar-lancar saja saat digunakan untuk membuka aplikasi secara bersamaan, begitu juga untuk bermain game. Untuk berselancar di dunia maya juga lancar berkat teknologi 4G tentunya, meskipun saat ini ketiga operator utama masih menggunakan frekuensi 900Mhz. Jadi belum bisa menikmati 4G-nya Lenovo A6000 karena menggunakan frekuensi 1800Mhz & 2300Mhz.

Kinerja baterai Lenovo A6000 cukup bagus. Apalagi Android sudah cukup populer dengan daya kuras baterainya. Pemakaian normal, baterai bisa bertahan 1.5 hari lho (saya sudah mencobanya sendiri). Hasil uji coba Antutu benchmark cukup bagus. Lenovo A6000 mendpatakan skor 20849.

Kamera

Berkat kamera 8MP plus flash, hasil jepretan Lenovo A6000 cukup bagus dan tajam baik saat digunakan di dalam ruangan tanpa adanya bantuan lampu di sekitarnya. Diluar ruangan, hasilnya cukup natural bahkan bisa menangkap objek macro dengan bagus.

Fitur kameranya pun sangat komplit, mulai dari HDR, panorama, ZSL, Continues Shot, Touch autofocus, saturation, contrast, Sharpness, Exposure, White Balance, dan Wavelet Denoise Mode. Untuk fitur yang terkahir ini sangat membantu untuk menghilangkan nois yang muncul saat pengambilan gambar di dalam ruangan.

Untuk hasil rekaman videonya di luar ruangan cukup bagus meski agak terkesan gelap. Sedangkan di dalam ruangan, ketajaman terlihat sangat berkurang dan muncul noisnya.

Multimedia

Untuk yang satu ini memang tidak perlu diragukan lagi. Lenovo A6000 sangat nyaman saat difungsikan sebagai player musik berkat teknologi Dolby Digital dan speaker stereonya. Ada opsi Movie, Music, Game, Voice dan Custom pada Dolby Digitalnya. Teknologi ini akan sangat terasa saat kamu mendengarkan musik dengan earphone. Sayang untuk bass-nya kurang begitu nendang saat menggunkan earphone bawaannya. Padalah, saat dicoba dengan headset yang bagus, nada bas begitu bulat dan bertenaga sehingga nyaman di telinga.

Tampilan radio FM-nya cukup menarik meskipun penangkapan gelombang agak kurang sensitif. Suara yang dihasilkannya juga tak sebagus suara musiknya, cenderung datar-datar saja. Siaran radionya bisa direkam dengan hasil format 3gp yang jernih.

Kesimpulan

Dengan harga 1.5 juta membuat Lenovo A6000 menjadi salah satu buruan di pangsa pasar smartphone. Dengan speknya yang cukup tinggi, sehingga membuat kinerjanya gesit. Hasil kamera lumayan bagus, audio mantap, bodinya cukup slim dan sudah mendukung teknologi 4G, meskipun tidak pada frekuensi 900Mhz.

Comments on this entry are closed.