Review, Harga & Spesifikasi Microsoft Lumia 532

by aries on April 10, 2015

Jika selama ini kita dibuat bosan dan bingung memilih serbuan smartphone Android dengan harga murah yang membanjiri pasar, ada pilihan alternatif  menarik lain dari Windows phone yang juga menawarkan harga yang murah. Lumia 532 merupakan salah satu Windows phone yang dibanderol dengan harga murah dan memberikan pengalaman berbeda. Ingin tahu tentang spesifikasi lengkapnya? Simak ulasannya berikut ini:

harga & spesifikasi Microsoft Lumia 532

Desain & Layar

Tampil dengan ukuran layar yang kecil, yakni 4 inchi, Lumia 532 terlihat sedikit tambun dengan ketebalan (11.6 mm) yang di atas rata-rata smartphone sekelasnya. Tentu ini membuatnya kurang enak dipandang, namun cukup nyaman saat dipegang. Tersedia empat pilihan warna menarik untuk Windows phone ini yakni oranye, hitam, putih, dan hijau. Meski ukuran layarnya tergolong kecil, namun keypad virtualnya sangat nyaman untuk mengetik. Tampilan gambar layar TFT LCD-nya cukup terang, dengan tingkat resolusi 480×800 piksel dan kerapatan layar yang lumayan tinggi, ~233 ppi.

Kinerja

Kinerja dari smartphone mungil ini juga  cukup prima. Berbekal prosesor Qualcomm Quad-core berkecepatan 1.2 GHz serta ditopang dengan 1GB RAM serta pengolah grafis Adreno 302, membuat Lumia 532 memperoleh hasil uji kinerja yang lumayan bagus, sebesar 11.808 menggunakan AnTuTu benchmark. Windows phone ini cukup sigap saat melakukan berbagai perintah seperti multitasking, browsing , membuka beberapa aplikasi, dan bermain game. Namun harus diakui, akan terjadi sedikit lemot dan lag saat digunakan untuk memainkan game kelas berat. Kendala lain tentu dari layarnya yang kecil, membuat kita kesulitan dalam memainkan game strategi yang melibatkan banyak detil. Yang menarik, meski kapasitas baterainya hanya 1.560 mAh, namun baterainya justru terasa lebih awet. Baterainya bisa bertahan seharian bahkan lebih saat digunakan untuk aktivitas sedang.

Kamera

Tak ada yang istimewa dari sisi kamera. Lumia 532 dibekali dengan kamera utama sebesar 5 MP tanpa adanya lampu Flash, dan kamera depannya ‘hanya’ VGA. Yang membuatnya berbeda adalah, adanya shutter speed mulai dari 1 detik hingga 1/1600 detik, suatu hal yang tidak kita temukan di smartphone yang lain. Hasil fotonya terekam cukup tajam dan cemerlang saat pemotretan di luar ruang. Saat di dalam ruangan, gambarnya juga tetap terekam baik dengan tingkat noise yang minim namun ketajamannya berkurang.

Multimedia

Sangat megasyikkan mendengarkan music di Lumia 532. Audio playernya tergolong mantap dan ciamik, meski tidak tersedia equalizer. Apalagi, penempatan speaker mono di belakang cukup strategis sehingga tidak membuat suaranya teredam saat diletakkan telentang. Yang patut diacungi jempol, suara yang disemburkan lewat speakernya terasa jernih dan nyaring, tanpa terdengar pecah saat disetel pada volume tertinggi sekalipun. Ada aplikasi multimedia lain yang menarik, yakni Mix Radio. Dengan aplikasi ini, kita bisa mendengarkan music secara acak berdasarkan genre music yang disukai. Sangat pas digunakan saat kamu sedang malas mengatur daftar putar lagu. Asyiknya lagi, kamu juga bisa menikmatinya tanpa koneksi internet, setelah sebelumnya didownload. Rekaman video yang dihasilkan kamera utamanya juga bagus dan lancar, serta bisa menyesuaikan dengan perubahan kontras cahaya yang tinggi.

Kesimpulan

Lumia 532 merupakan produk Windows phone berukuran mungil yang dibanderol dengan harga yang murah, Rp. 1.300.000, dengan menawarkan fitur multimedia yang bisa diunggulkan. Kualitas suaranya juga mumpuni dan berkelas. Ditambah daya tahan baterainya juga awet. Sayangnya, fitur kamera dari smartphone ini kurang bagus, dengan absennya lampu Flash dan autofocus. Resolusi layarnya juga kurang begitu tinggi.

Comments on this entry are closed.