Review, Harga & Spesifikasi Nokia Lumia 630 Dual SIM

by aries on August 16, 2014

Nokia yang identik dengan Windows Phone-nya, baru saja meluncurkan Lumia 630, smartphone dengan versi Windows terbaru, Windows 8.1. Selain sudah mengusung OS terbaru, Lumia 630 juga merupakan Windows Phone pertama yang menggunakan teknologi Dual SIM. Ingin tahu lebih detil mengenai smartphone bertenaga Quad Core ini? Simak ulasan selengkapnya:

Desain & Layar

Desain dari Lumia 630 merupakan perpaduan antara desain Nokia Asha dan Nokia X dengan sudut yang lebih tajam. Material bahannya terbuat dari plastic matte dengan pilihan warna yang cerah khas Nokia, yakni putih, oranye, hitam, kuning dan hijau.

Review, Harga & Spesifikasi Nokia Lumia 630 Dual SIM

Sementara layarnya, menggunakan teknologi LCD IPS sehingga menjadikan tampilan gambarnya terlihat tajam dan jelas meski digunakan di bawah terik sinar matahari sekalipun. Meski tidak dilengkapi auto brightness, Lumia 630 sudah dilengkapi dengan pengaturan brightness dan profil warna manual yang memungkinkan kamu mengatur kecerahan serta keseimbangan dan saturasi warna layar sesuai keinginan. Yang menarik, layar smartphone berukuran 4,5 inchi ini juga sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3 sehingga aman dari goresan benda tajam.

Kinerja

Hadir dengan update OS Windows teranyar, Lumia 630 menyuguhkan fitur yang lebih lengkap, mulai dari kemampuan kostumisasi antarmuka, action center yang menyuguhkan integrasi notifikasi dengan toggle setting pada sebuah notifikasi bar, instalasi Windows Phone ke memori eksternal, fitur Quiet Hours Mode yang membantu kita mematikan seluruh notifikasi yang masuk pada jam istirahat atau acara tertentu, fitur back up setting yang lebih lengkap, dan masih banyak yang lainnya.

Berprosesor Qualcomm Snapdragon 400 Quad Core 1,2 GHz Krait, dengan dukungan RAM 512 MB serta GPU Adreno 305, menjadikan performa kinerjanya lumayan baik. Kita bisa menjalankan berbagai aplikasi dengan platform Windows Phone 8.1 dengan lancar. Sayangnya, dengan kapasitas RAM yang hanya 512 MB, sedikit banyak membatasi ruang gerak kita dalam menjalankan berbagai aplikasi sekaligus. Oleh karena itu, Lumia 630 menyediakan fitur Storage Sense untuk mengarahkan semua instalasi aplikasi ke micro SD. Hasil uji kinerja dengna menggunakan AnTuTu benchmark mendaptkan hasil yang tidak terlalu buruk, yakni 12.043 poin.

Kamera

Tidak ada yang spesial dari aspek kamera. Windows phone yang diperuntukkan bagi kelas menengah ini, hanya memiliki satu kamera utama saja, dengan resolusi 5MP. Hasil jepretan kamera pada kondisi cahaya yang mencukupi, tampak detil dan jelas dengan reproduksi warna yang natural. Tapi jangan harap menggunakannya pada kondisi minim cahaya, karena dengan absennya lampu flash, menjadikan hasil fotonya penuh dengan noise dan agak buram.

Audio

Suara yang dihasilkan dari speaker Nokia Lumia 630 lumayan bagus, meski kurang bertenaga. Untuk mendengarkan radio, kamu harus menggunakan headset yang sayangnya tidak disertakan dalam paket penjualan, begitu pula kabel USB.

Kesimpulan

Nokia Lumia 630 Dual SIM menawarkan pengalaman baru melalui OS Windows Phone 8.1 terbaru yang sarat dengan fitur dan aplikasi menarik dan canggih sehingga kebutuhan pekerjaan dan hiburan bisa terpenuhi dengan baik. Sudah menggunakan teknologi Dual SIM pula. Namun sayangnya, Lumia 630 tidak memiliki kamera depan untuk berselfie ria. Selain itu, tidak adanya headset dan kabel USB pada paket penjualan, membuat kita kerepotan menikmati musik dan memindah data.

Spesifikasi Nokia Lumia 630 Dual SIM

GENERAL

Harga Rp. 2.600.000
Jaringan 2G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
Jaringan 3G HSDPA 900 / 2100
SIM Dual SIM aktif | Jenis Micro SIM

BODI

Warna Hitam, Putih, Oranye, Hijau, Kuning
Dimensi Panjang: 129.5 mm | Lebar: 66.7 mm | Tebal: 9.2 mm
Berat 134 g

DISPLAY

Jenis Layar IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 4.5 inches, 480 x 854 pixels, 218 ppi

MEMORI

Internal 8 GB
Eksternal microSD up to 128 GB
RAM 512 MB

OS & HARDWARE

Sistem Operasi Microsoft Windows Phone 8.1
Chipset Qualcomm Snapdragon 400
Posesor Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7
GPU Adreno 305
Baterai Li-Ion 1830 mAh battery (BL-5H)

KAMERA

Utama 5 MP, 2592 х 1944 pixels, autofocus
Depan Tidak ada
Fitur 1/4” sensor size, geo-tagging, panorama

DATA

GPRS Ya
EDGE Ya
Kecepatan HSDPA, 21 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps
W-LAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, DLNA, Wi-Fi hotspot
Bluetooth v4.0, A2DP
USB microUSB v2.0

 

Comments on this entry are closed.