Review, Harga & Spesifikasi Oppo Joy R1001

by aries on June 26, 2014

Smartphone Oppo bisa jadi dianggap sebagai pendongkrak produsen elektronik bernama OPPO Electronics Corp yang bermarkas di China. Merek smartphone Oppo yang pertama kali diperkenalkan adalah Oppo Find 5 dan ini menjadi awal popularitas Oppo di kalangan kita.

Untuk produk smartphone, memang pihak Oppo tidak banyak merilis model, sebut saja seri N1, Oppo Find 7 dan lainnya. Beda dengan vendor lain yang banyak mengeluarkan varian untuk smartphone-nya. Meski demikian, seri yang dikeluarkan oleh Oppo rata-rata spec-nya mampu bersaing dengan smartphone high-end dari vendor lain. Dan harganyapun di atas smartphone 2 jutaan, kecuali Oppo Joy yang hanya dibanderol 1,7 juta. Penasaran dengan review dan spesifikasinya, simak ulasan berikut ini;

Review, Harga & Spesifikasi Oppo Joy R1001

Desain

Dengan ukuran layar 4 inch membuat bodi dari smartphone Oppo Joy ini terlihat mungil. Sedangkan srtuktur bodinya yang menggunakan meterial plastik dan metal ini bukan jenis unybody, jadi bisa dilepas baterainya berikut slot sim cardnya yang berada di dalam.

Dari sisi warna, Oppo Joy juga menampilkan perpaduan wana yang apik, antara garis berwarna silver yang kontras dengan cover list depan yang berwarna hitam kelam, sementara bagian belakang menggunakan warna putih.

Layar

Model layar yang disematkan untuk Oppo Joy ini adalah layar TFT. Mungkin hal ini karena pertimbangan harga yang dianggap cukup murah bila dibandingkan dengan Oppo seri lainnya. Meski demikian, namun respon layar saat di tab juga sangat bagus. Jadi tidak ada masalah meski warna yang dihasilkan kurang tajam.

Kinerja

Dengan dibekali prosesor dual core berkecepatan 1,3 GHz merupakan ukuran standard untuk kelas smartphone. Namun, sayang RAM yang ditawarkan hanya 512 MB yang tentunya ini jelas kurang bisa menunjang kinerja chipset. Jadi sangat wajar jika hasil uji coba kinerjanya dengan mengunakan software AnTuTu, Quadrant, dan NenaMark2 kurang memuaskan.

Namun, kinerja yang kurang memuaskan ini ditutupi oleh kelebihan dari baterainya yang cukup bisa diandalkan untuk keperluan pemakaian yang lebih lama. Belum lagi fitur Power Manager yang sangat membantu user dalam memantua baterai secara detail sekaligus menonaktifkan beberapa aplikasi atau fitur lain yang cukup banyak menguras baterai.

Kamera & audio

Hanya berbekal kamera utama 3 MP sama seperti kompetitornya, yakni Sony Xperia E1 Dual, dan kamera depan yang masih menyematkan jenis VGA jelas bukan pilihan tepat buat kamu yang cari smartphone spesialis untuk selifie. Jadi wajar jika hasil bidikan dari kamera ini tak ada yang istimewa. Meski sudah dibekali fitur beauty shoot, panorama mode, dan lainnya tetap saja tidak bisa mendongkrang smartphone ini dari sisi kameranya.

Senada dengan kamera, Audio yang ditawarkan juga tidak ada yang sitimewa. Paling hanya sebuah tampilan playernya terkesan unik dan artistik. Satu lagi, presentasi tampilan folder dengan ikon fresh untuk pemutar audionya lebih beragam. Untuk suara yang disemburkan standard saja.

Kesimpulan

Akan lebih baik jika pihak Oppo menyematkan RAM yang lebih besar atau menambahkan resolusi kameranya untuk mendongkrak nilai jual. Dengan harga & spec seperti terlihat di bawah ini, pihak konsumen bisa jadi menilai ini masih mahal meskipun desain sudah berkelas dan bebrapa fitur bawaan dari Oppo tersedia.

Harga & Spesifikasi Oppo Joy

Harga Rp. 1.700.000
Jaringan Dua SIM GSM | HSDPA
Dimensi Panjang: 124 mm | Lebar: 63 mm | Tebal: 9.9 mm
Berat 125 g
Baterai Lithium ion 1700 mAh
Display TFT 4 Inch, Resolusi 480 x 800
Sistem Operasi Android V. 4.2.2 Jelly bean
Prosesor Dual Core 1.3 GHz, GPU Mali 400
RAM 512 MB
Memori Internal: 4 GB, Eksternal: MicroSD up to 32 GB
Kamera 3 MP kamera | dan VGA kamera depan

 

Comments on this entry are closed.