Review, Harga & Spesifikasi Oppo N1 Mini

by aries on September 6, 2014

Saat ini, banyak sekali vendor yang mengeluarkan produk smartphone maupun tabletnya dalam versi mini. Sebut saja LG G2 Mini, iPad Mini 2, HTC One Mini, ZTE Nubia Z5S Mini, dan beberapa yang lainnya. Oppo, vendor asal Tiongkok ini juga melakukan hal serupa. Setelah sebelumnya mengeluarkan Oppo Find 5 versi mini, kini Oppo juga baru saja mengeluarkan Oppo N1 Mini. Apakah ukuran mini dari Oppo N1 ini menjadikannya mengalami penurunan spek? simak ulasannya berikut ini:

Desain & Layar

Tak ada perubahan mencolok pada Oppo N1 Mini ini. Tetap khas dengan adanya kamera yang bisa berputar hingga 207% (rotating camera), seperti yang ada pada Oppo N1. meski secara default kamera akan menghadap belakang, namun secara otomatis bisa berubah fungsi menjadi kamera depan alias sekunder saat kita gunakan untuk berfoto selfie. Kesan ‘mini’ jelas terlihat dari pengurangan dimensinya. Jika N1 memiliki dimensi 170,7 x 82,6 x 9 mm, maka N1 Mini ukurannya berkurang menjadi 148,4 x 72,2 x 9,2 mm.

Review, harga & spesifikasi Oppo N1 Mini

Layarnya pun mengalami penyusutan, dari 5,3 inchi menjadi hanya 5 inchi. Namun, pengurangan ukuran layar ini justru lebih menguntungkan, karena lebih nyaman saat digenggam, tidak seperti pada N1 yang terasa merepotkan. Bobotnya pun terasa lebih ringan dan enteng, hanya 153 gram.

Kinerja

Aspek kinerja pun mengalami penyusutan spek. Smartphone ini dipersenjatai prosesor Snapdrgaon 400 1,6 GHz, serta 2 GB RAM. Hal ini tentu berpengaruh pada penurunan skor yang didapat melalui AnTuTu benchmark, yakni sekitar 21.508, turun sekitar 4000 poin dari versi N1 reguler. Meski speknya menurun, namun justru menjadikan performanya semakin enteng dan responsive, dalam menjalankan berbagai aktivitas berat secara bersamaan dan berulang-ulang, tanpa adanya gejala ‘lag’.

Kamera

Smartphone ini memang didedikasikan untuk para pecinta mobile photography. Telah disiapkan kamera dengan resolusi 13 MP, dengan beragam terobosan teknologi kamera terkini, seperti Sensor Stacked CMOS Sony dengan area fotosensitif 1/3,2 inchi guna menciptakan kualitas HDR yang baik, teknologi Pure Image 2.0 untuk meningkatkan akurasi fokus dan sensitivitas eksposure, hingga aperture sebesar F 2.0 agar menangkap cahaya yang lebih besar. Disediakannya segudang teknologi tadi tidak lain guna menghasilkan kualitas foto yang mantap.

Bukan hanya itu saja, seperti yang sudah disinggung diawal tadi, dengan adanya kamera yang bisa berputar, kita juga bisa mendapatkan foto selfie dengan kualitas dan resolusi yang sama layaknya menggunakan kamera utama.

Audio

Musik yang dialunkan melalui N1 Mini tersaji dengan merdu. Suara yang disemburkan lewat speakernya terdengar bulat berkat peletakan speaker di bagian bawah sehingga tidak terhalang apapun. Suaranya pun tidak pecah meski disetel pada volume tertinggi. Sangat memadai untuk memperdengarkan koleksi musik favorit ke para tetangga, meski sayang suara dari volume tertingginya kurang lantang.

Kesimpulan

Meski ukurannya mini, namun Oppo N1 Mini masih menawarkan seabrek fitur unggulan untuk kita nikmati. Mulai dari kamera mumpuni yang dilengkapi berbagai teknologi guna mengahsilkan foto berkualitas, dan fitur multimedia yang ciamik dan lengkap. Apalagi, harganya pun terbilang sepadan dengan fitur yang disajikan, mendapat potongan 2 juta rupiah dari versi regulernya sehingga harganya menjadi Rp 5.000.000,-. Hanya ada sedikit kekurangan pada sisi audio yang kurang kencang saat disetel pada volume tertinggi.

Comments on this entry are closed.