Review, Harga & Spesifikasi Samsung Galaxy Grand Prime

by aries on January 23, 2015

Kini, peta persaingan smartphone di kelas menengah semakin bertambah sengit. Tidak hanya adu hardware, para vendor juga bersaing dalam segi antar muka dan banderol harga yang murah. Samsung sang penguasa pasar saat ini, menyuguhkan Galaxy Grand Prime sebagai andalannya. Apa saja kelebihan dari smartphone ini? Simak ulasannya berikut ini :

Desain & Layar

Desain dari Grand Prime mirip seperti kebanyakan seri Samsung lainnya dengan ciri khas lekukan di tiap sudutnya dan list logam di sepanjang sisinya mirip dengan desain iPhone. Dengan bobot 165 gram, smartphone ini terasa berat saat digenggam. Untuk layarnya, smartphone ini berukuran 5 inchi dengan resolusi 540 x 960 dan tingkat kerapatan layar ~220 ppi dengan tampilan gambar yang cukup cerah dan jelas. Sayangnya, smartphone ini masih menggunakan layar TFT, belum LCD IPS.

galaxy grand prime

Kinerja

Untuk dapur pacu, Galaxy Grand Prime sudah dibekali dengan prosesor Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 Quad core 1,2 GHz yang ditopang dengan 1GB RAM dan pengolah grafis Adreno 306. kinerjanya cukup gesit, terbukti dari perolehan hasil AnTuTu benchmark yang tergolong bagus, sebesar 20.669 poin yang mampu mengungguli perolehan LG L Bello. Berhubung memori internalnya cukup terbatas, hanya 8 GB dan itu pun hanya bisa digunakan separuhnya saja, maka telah disediakan slot micro SD hingga 64GB untuk menyimpan berbagai file. Untuk daya tahannya, tidak perlu dikhawatirkan lagi, karena smartphone ini sudah dibekali dengan baterai yang berkapasitas besar, 2.600 mAh.

Kamera

Galaxy Grand Prime meiliki kamera utama sebesar 8 MP plus LED Flash dan kamera depan 5 MP yang cukup memadai kebutuhan foto selfie. Hasil jepretan fotonya dengan menggunakan mode otomatis dan kondisi indoor menunjukkan hasil yang cukup bagus. Sayangnya, smartphone ini tidak dilengkapi dengan teknologi kamera khusus sehingga kalah saing dengan hasil kamera smartphone besutan lain yang lebih canggih. Fitur kameranya pun standar, tidak begitu lengkap.

Kesimpulan

Dengan banderol harga Rp. 2.525.000, Samsung Glaxy Prime menawarkan keunggulan dari segi prosesor yang sudah menggunakan Quad core besutan Qualcomm, kamera depannya juga memiliki resolusi yang besar, 5 MP serta sudah menggunakan Android KitKat. Sayangnya, smartphone ini masih menggunakan layar TFT dengan resolusi dan tingkat kerapatan layar yang rendah, dan memiliki bobot yang cukup berat dibanding smartphone sekelas yang lebih ringan.

Comments on this entry are closed.