Review, Harga & Spesifikasi Smartphone Acer Liquid Z520

by aries on April 16, 2015

Gempuran dari smartphone Android One, membuat vendor kelas menengah seperti Acer menjadi kebingungan dalam memasarkan produknya. Untuk itu, Acer baru saja meluncurkan Liquid Z520 untuk memasuki pasar kelas menengah. Mampukah smartphone ini bisa mengalahkan dominasi Android One? Simak ulasannya berikut ini:

harga & spesifikasi Acer Liquid Z520

Desain & Layar

Acer Liquid Z520 tampil beda dengan adanya tiga tombol lunak di bawah layar yang menggunakan ikon yang berbeda dari kebanyakan samrtphone Android lain. Smartphone ini juga menggunakan garis setebal 2 mm yang ada di sekujur bagian samping dengan tekstur yang terasa ‘ mencengkeram ‘ saat dipegang, layaknya ban radial. Namun sayang, layarnya yang berukuran 5 inchi, masih menggunakan layar TFT, belum IPS LCD.

Kinerja

Dengan dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon quad core dengan kecepatan 1.3 GHz, dan ditopang dengan 1GB RAM, performa kinerja dari Liquid Z520 tergolong biasa saja. Hasil uji kinerja menggunakan AnTuTu benchmarknya memperoleh skor 18.862 dan setara dengan perolehan Evercoss Elevate Y power, namun masih dibawah torehan Asus Zenfone 5. Saat diuji secara langsung, smartphone ini mampu mengeksekusi berbagai perintah dengan cukup baik, dan sudah tersedia memori internal sebesar 8GB yang bisa diperluas dengan memori eksternal hingga 32GB. Sedangkan untuk daya tahan, Liquid Z520 dilengkapi dengan baterai berkapasitas standar, 2.000 mAh. Berhubung tidak tersedia menejemen penghemat daya atau aplikasi isi ulang cepat, maka kamu harus pintar-pintar mematikan aplikasi yang tidak perlu agar baterai tidak cepat boros.

Kamera

Interface dari kamera Liquid Z520 menawarkan tampilan yang sedikit berbeda, sehingga membuatnya menarik.  Fitur dan menu yang tersedia seperti HDR dan Panorama tampak lebih khas dan mudah dioperasikan. Sayangnya, meski kameranya tertera menggunakan resolusi 8MP, namun hasilnya tidak seperti yang diharapkan.  Bahkan antara foto HD dengan foto normal tidak ada bedanya. Tidak ada pula fitur foto pemikat seperti layaknya Pixel Master ala Asus, atau Ultra Pixel milik HTC.

Multimedia

Yang paling menonjol dan special dari smartphone ini adalah aspek audionya. Ini berkat dukungan teknologi DTS Sound Studio. Namun, engine ini masah kalah gahar disbanding dengan Dolby. Suaranya akan terdengar biasa saja tanpa adanya dukungan speaker yang kompatibel.

Kesimpulan

Sepertinya Acer ingin membawa seri Liquid Z520 sebagai pesaing dari Asus Zenfone 5. Terbukti, smartphone ini dibanderol dengan harga yang terjangakau, Rp. 1.800.000,- Acer juga memberikan kita kemudahan dalam menkustomisasi menu, dan menyediakan berbagai layanan cloud. Sudah pula menggunakan Android versi terkini, Lollipop. Namun, Liquid Z520 masih belum memiliki fitur penghemat baterai, dan adanya dukungan DTS masih kurang terasa. Kameranya pun tidak terlalu istimewa.

Comments on this entry are closed.