Review, Harga & Spesifikasi Smartphone Asus Zenfone 2

by aries on May 14, 2015

Setelah pada tahun lalu ASUS berhasil menggebrak pasar melalui seri keluarga Zenfone 4, 5, dan Zenfone 6, kini ASUS kembali mencoba mengulang kesuksesan tersebut dengan menelurkan generasi penerus dari Zenfone, yaitu seri Zenfone 2. Kali ini Asus langsung meluncurkan empat varian sekaligus. Spesifikasi dari semuanya hampir sama, hanya berbeda dari segi kapasitas RAM dan memori internalnya saja. Yang akan kita ulas kali ini adalah seri ZE551ML, seri dengan harga paling murah.

harga & spesifikasi asus zenfone 2

Desain & Layar

Secara garis besar, Zenfone 2 masih mempertahankan sebagian besar format desain dari seri Zenfone sebelumnya. Masih terdapat tekstur konsentris melingkar pada permukaan logam di bagian bawah layar, dan speaker berupa deretan titik halus di belakang bodi bagian bawah. Perubahan mencolok hanya terdapat pada casing bawaan yang saat ini bertekstur garis halus, serta tombol volume yang kini letaknya berubah menjadi di bawah kamera utama yang mengingatkan kita akan bentuk LG G3. Tersedia lima warna solid yang bisa kamu pilih, yakni hitam, abu-abu, putih, merah, dan emas.

Untuk bagian layarnya, smartphone ini memiliki bentang layar 5.5 inchi berteknologi IPS dengan resolusi Full HD (1920×1080) dan sudah dilindungi oleh kaca anti gores Corning Gorilla Glass 3. Tak heran jika tampilan warnanya tajam dan jernih.

Kinerja

Yang menjadi andalan utama dari Zenfone 2 adalah kapasitas RAM yang lebih besar, guna menyuguhkan performa kinerja yang lebih bagus lagi. Dari keempat varian yang ada, 3 diantaranya menggunakan 4 GB RAM, serta satu varian dengan 2 GB. Sedangkan untuk prosesor, masih menggunakan Intel Atom Z3580 Quad-core dengan clock speed 2.3 GHz untuk RAM 4 GB, atau 1.8 GHz untuk yang RAM 2 GB, serta pengolah grafisnya Power VR G6430. Dengan perpaduan ini, tentu saja mampu menghasilkan skor tinggi melalui AnTuTu benchmark, sebesar 46.791 poin. Untuk daya tahan, smartphone ini dibekali dengan baterai berkapasitas besar, 3.000 mAh yan didukung dengan teknologi BoostMaster Fast Charging yang diklaim mampu mengecas hingga 60% hanya dalam waktu 39 menit. Saat diuji, baterai akan bisa bertahan sekitar 8-10 jam untuk pemakaian yang normal. Tapi jika digunakan untuk aktivitas yang intens seperti main game online, merekam video dan memotret tentu baterai akan cepat terkuras.

Kamera

Teknologi Pixel Master masih tetap menjadi tumpuan, malah kini sudah ditingkatkan menjadi versi 2.0 yang mana dibenamkan baik untuk kamera utama 13 MP maupun kamer depan 5 MP. Yang paling menarik adalah kamera utamanya berupa lensa 5-elemen yang memakai sensor Toshiba, ditambahai filter blue glass, serta dual flash LED real tone. Mode low light pun masih menjadi senjata andalan, disamping juga tersedia moda menarik lain seperti HDR, Super Resolution, ataupun Depth of Field. Untuk hasil jepretannya, secara keseluruhan terlihat tajam dan natural.

Multimedia

Meski speakernya yang terletak di belakang bodi rawan teredam saat digenggam atau diletakkan telentang, namun sebenarnya suaranya terdengar jelas dan jernih serta tetap oke meski disetel pada volume tertinggi. Terdapat pula equalizer dan Audio Wizard yang memudahkan pengguna untuk menyetel efek suara. Ada pula Radio FM sebagai alternatif pilihan.

Kesimpulan

Dengan pilihan harga Rp. 2.900.000 untuk RAM 2 GB + internal 16 GB, Rp. 3.999.000 untuk RAM 4 GB + 32 GB, serta Rp. 4.900.000 untuk 4 GB + 64 GB, membuat Zenfone 2 menjadi salah satu smartphone yang layak kamu masukkan dalam daftar pilihan terbaik. Terutama teknologi Pixel Masternya, menjadikan kamera dari Zenfone 2 mampu merekam gambar dalam kondisi Low Light dengan baik. Selain itu, ZenUI nya tampil semakin mulus dan mantap. Tapi tentu smartphone ini juga memiliki kekurangan, yakni pada sisi desain yang kurang istimewa, dan masih banyaknya bug yang mengganggu.

Comments on this entry are closed.