Review, Harga & Spesifikasi Smartphone BenQ B502

by aries on April 25, 2015

Salah satu vendor yang lebih dikenal dengan produk IT-nya BenQ, mencoba peruntungannya di pasar smartphone dengan merilis smartphone BenQ B502 yang menawarkan bodi tipis nan seksi sebagai daya pikatnya. Mampukah seri mampu mendulang sukses? Simak ulasannya berikut ini:

benQ B502

Desain & Layar

Sebagai pendatang baru, BenQ berusaha menarik perhatian pasar dengan penampilan yang menarik dan lain daripada yang lain. Tampil dengan bentuk yang memanjang, membuatnya tetap terasa nayaman meski hanya dipegang dengan satu tangan saja. Casing belakang yang menggunakan material yang kesat, juga tidak terasa licin saat digenggam. Yang paling menyita perhatian dari desain BenQ B502 adalah bodinya yang tipis. Dilihat dari harganya yang murah, ketebalan 7 mm sangat jarang diadopsi para pesaing di kelasnya. Layar berukuran 5 inchinya juga tergolong tajam dan jernih dengan resolusi HD 720X1280 piksel serta tingkat kerapatan layar cukup tinggi, ~294 ppi.

Kinerja

Berbekal prosesor Mediatek Quad-core berkecepatan 1.3 GHz yang ditopang dengan 1GB RAM serta GPU Mali-400 MP, menjadikan performa dari BenQ B502 lumayan handal dalam menjalankan berbagai aktifitas dengan respon layar yang cukup gesit. Namun sayang, berhubung RAM-nya hanya 1GB dan memori internalnya 2 GB, smartphone ini akan sedikit mengalami kesulitan saat digunakan untuk main game berukuran besar. Hasil uji kinerja menggunakan AnTuTu, mendapatkan skor yang tergolong bagus, 18.369 poin. Meski baterainya hanya berkapasitas 1.800 mAh dan tidak bisa dilepas (non-removable), namun daya tahannya patut diacungi jempol. Smartphone ini bisa bertahan hingga seharian untuk pemakaian yang normal.

Kamera

BenQ B502 dilengkapi dengan kamera utama beresolusi tinggi, 13 MP dan kamera depan sebesar 5MP. Fitur yang disediakan juga melimpah, mulai dari HDR, Beauty, Live photo, Panorama, Face & smile detection, hingga pengatur ISO hingga 1600. Saat diuji secara langsung, kameranya mampu merekam objek dengan bagus dengan warna yang tajam dan alami saat di luar ruang. Saat digunakan memotret objek bergerak, hasil foto masih tergolong bagus. Begitu pula dengan objek makro (berjarak sangat dekat), fotonya masih terlihat detil dan tajam. Untuk indoor, meski noise mulai bermunculan, namun ketajaman warnanya masih tergolong bagus.

Multimedia

Meski tampilan audio playernya minimalis, namun kualitas suaranya tergolong mantap. Suara dari speakernya mengalun jernih dengan alunan nada yang jelas tanpa khawatir pecah saat disetel pada volume maksimal. Suaranya tidak teredam meski letak speakernya berada di bagian kiri bawah. Ini karena lubang speakernya di beri tonjolan kecil. Radio FM juga tersedia untuk hiburan alternative meski hasil penangkapan stasiun radionya tak terlalu banyak. Untuk video, kamera dari BenQ B502 mampu merekam gambar dengan sangat bagus dan lancar, tanpa tersendat.

Kesimpulan

Dibanderol dengan harga Rp 1.800.000, BenQ B502 hadir menawarkan deain yang tipis nan seksi, suara yang berkualitas, serta kamera ciamik. Sayangnya, memori internal dari smartphone ini sangat kecil, hanya 2 GB serta RAM-nya juga janya 1GB.

Comments on this entry are closed.