Review, Harga & Spesifikasi Smartphone Oppo Mirror 3

by aries on March 17, 2015

Persaingan di dunia smartphone sekarang ini, semakin terpusat pada perang teknologi dan komponen paling mutakhir dan desain yang paling keren, sehingga para konsumen semakin bingung untuk menentukan yang mana. Padahal, konsumen yang kini semakin cerdas dan melek teknologi, malah justru membutuhkan konten-konten berkualitas dan menarik untuk menuangkan kreatifitas mereka. Inilah salah satu yang menjadi perhatian dari Oppo Mirror 3. Ingin tahu lebih lengkapnya? Simak ulasannya berikut ini:

oppo mirror 3

Desain & Layar

Dari segi desain, memang tidak ada yang istimewa dari Oppo 3. Penampilannya hampir sama seperti kebanyakan smartphone Android yang beredar di pasaran. Tidak ada ciri khas yang menyedot perhatian, kecuali motif polka dot yang ada di sekujur bagian belakangnya yang berbahan plastik glossy. Layarnya yang berukuran 4.7 inchi dan menggunakan layar jenis IPS LCD, masih menggunakan resolusi HD 720 x 1280 piksel. Begitupun untuk keamanan, tidak pula dilapisi dengan kaca anti gores keluaran terbaru.

Kejutan baru akan terlihat saat kamu membuka home screen. Ada wallpaper screen yang kreatif berupa jalan raya, yang ketika kamu swipe ke atas, seolah-olah jempolmu tengah melakukan start suatu perjalanan. Ini berkat adanya ColorOS yang menampilkan menu maupun proses pengoperasian perangkat menjadi semakin seru dan keren. Akan tampil ikon-ikon menu yang kreatif dengan warna-warna pastel, soft, dan hangat yang memanjakan mata kita. Kita juga bisa menentukan pilihan efek swipe seperti cube slide, flipping slider, card effect, dan tilting mode.

Kinerja

Berbekal prosesor Qualcomm Snapdragon Quad core berkecepatan 1.2 GHz, serta ditopang dengan 1 GB RAM dan GPU Adreno 306 , kinerja dari Mirror 3 tergolong cukup gesit dan cekatan untuk multitasking, membuka beberapa aplikasi sekaligus, serta memainkan game 3D, tanpa adanya lag yang berarti. Skor uji kinerjanya terpaut sedikit dari perolehan Asus Zenfone 5, yakni 19.149 poin. Meski baterainya menggunakan kapasitas yang lumayan sedikit, hanya 2.000 mAh, namun yang menarik adalah kemampuan mengisinya yang hanya membutuhkan waktu 90 menit untuk mengembalikan ke posisi full. Ini berarti, lebih cepat 60 % disbanding kemampuan men-charge smartphone yang lain.

Kamera

Kamera dari Mirror 3 patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, smartphone ini dilengkapi dengan kamera utama sebesar 8MP dan kamera depan untuk selfie 5MP. Bahkan tersedia beberapa efek untuk kamera depan, di mana ini sangat jarang ditawarkan oleh vendor lain. Fitur yang disediakan juga komplit, seperti HDR, Panorama, Audio Photo, GIF Animation, hingga Double Exposure. Hasil foto jepretan kameranya juga tergolong bagus dan minim noise dalam kondisi pencahayaan yang mencukupi.

Multimedia

Pada Music Player, terdapat menu bernama Voice Recognition yang membantu kita untuk mengetahui siapa penyanyi dari lagu yang baru saja kita dengar. Meski datanya tidak terlalu lengkap, namun ini merupakan sebuah terobosan baru. Disamping fitur Radio FM, ada pula fitur Remote ControlĀ  yang berfungsi menggantikan remote untuk perlengkapan elektronik seperti TV AC, DVD Player, hingga proyektor. Bahkan, hamper semua merek bisa kompatibel dengan fitur ini.

Kesimpulan

Dengan harga Rp. 3.199.000 yang dibanderolnya, Oppo Mirror 3 menyasar kelas menengah ke atas. Memiliki segudang konten menarik, User Interface yang kreatif, kamera dengan fitur lengkap, menjadi nilai tambah tersendiri bagi smartphone ini. Namun, tetap memiliki kekurangan dari segi desain yang tidak punya ciri khas dan terkesan biasa saja, serta harganya yang relative mahal jika disbanding kometitor lain dengan spesifikasi serupa.

Comments on this entry are closed.