Review, Harga & Spesifikasi Smartphone Samsung Galaxy A5

by aries on March 9, 2015

Setelah pada beberapa edisi yang lalu, telah diulas tentang seri Samsung yang menggunakan material logam sebagai andalannya, yakni Galaxy A3, kini kita akan membahas saudaranya yang lebih tinggi spesifikasinya, Galaxy A5. ingin tahu lebih mendalam tentang smartphone untuk kalangan menengah ke atas ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini :

Desain & Layar

Meski dilihat sekilas, smartphone ini sangat mirip dengan iPhone, namun A5 tetap memiliki cirri khas tersendiri yang tetap membuatnya tampak cantik, elegan, dan mewah, terutama berkat material logamnya yang solid dibalut dengan aksen list halus di sekililing sisinya. Hadir dengan empat pilihan warna, yakni hitam, putih, perak dan emas, menjadikan A5 tampak kokoh dengan warna yang solid. Meski menggunakan material logam untuk sekujur bodinya, namun smartphone ini masih memiliki bobot yang tergolong nyaman saat digenggam atau ditenteng. Dan sebaiknya tetap gunakan casing pelindung agar bodinya tetap bersih dan tidak mudah tergores.

Spesifikasi Samaung Galaxy A5

Mengusung konsep unibodi, A5 memiliki bentang layar berukuran 5 inchi dengan teknologi HD dan layar khas Super AMOLED, mampu menawarkan tampilan layar yang tajam dan cemerlang. Apalagi dengan dukungan 10 titik sentuh, menjadikan layarnya semakin sensitif dan gegas saat menjalankan berbagai perintah. Walaupun sudah tersedia auto brightness, namun tampilan gambarnya masih agak silau saat digunakan dibawah terik matahari. Untuk keamanan, smartphone ini telah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 4.

Kinerja

Berbekal prosesor Quad core Snapdragon 410 dengan kecepatan 1.2 GHz serta ditopang dengan 2 GB RAM dan pengolah grafis Adreno 306, menghasilkan skor uji kinerja dengan AnTuTu benchmark yang tergolong bagus, 20.025. Namun sayang, nilai ini masih dibawah perolehan dari Asus Zenfone 5. Sudah menggunakan Android KitKat, masih belum ada informasi kemungkinan bisa di-upgrade ke versi yang terbaru, Lollipop atau tidak. Untuk daya tahan, smartphone ini dibekali dengan baterai berkapasitas lumayan besar, 2.300 mAh yang dilengkapi dengan fitur Power saving mode dan Ultra Power saving mode untuk menambah keawetan baterai. Untuk pemakaian normal, smartphone ini mampu bertahan selama sekitar 8 jam. Namun jika untuk pemakaian yang intens, maka segera siapkan power bank untuk jaga-jaga.

Kamera

Dilengkapi dengan kamera utama 13 MP+LED Flash dan kamera depan 5 MP, sudah termasuk spesifikasi yang mumpuni untuk urusan kamera. Hasil jepretan fotonya pun tidak perlu diragukan keunggulannya. Foto tampak natural dan berdetil tajam saat pemotretan dengan pencahayaan yang memadai, untuk pemotretan minim cahaya, gambar masih bisa tertangkap dengan baik meski kualitasnya jauh menurun. Yang menarik, kita bisa menggunakan perintah suara atau lambaian tangan untuk menggantikan fungsi shutter kamera. Ada pula fitur Wide Selfie yang membuat pengambilan foto selfie lebih keren karena sudut pandang yang diperluas.

Multimedia

Kualitas suara yang disemburkan melalui speakernya terdengar mantap dan nyaring. Dilengkapi pula dengan equalizer besutan SoundAlive yang bisa diakses dari Music Google Play Music. Untuk video, baik kamera utama ataupun kamera belakang mampu merekam video beresolusi HD 1080p dengan mulus.

Kesimpulan

Bermodalkan desain yang cantik dan elegan, material logam yang kokoh, kamera yang ciamik, Samsung Galaxy A5 yang dibanderol dengan harga Rp. 4.999.000, sangat pas untuk kalangan kawula muda yang mengedepankan lifestyle. Sayang, harga 5 juta yang harus dikeluarkan untuk menebusnya, relatif mahal bagi kebanyakan pengguna kelas menengah di Indonesia. Baterainya pun masih tergolong boros dan cepat habis.

Comments on this entry are closed.