Review, Harga & Spesifikasi Smartphone Smartfren Andromax C2S

by aries on March 21, 2015

Setelah cukup sukses menggeber produk smartphone kelas entry level melalui Andromax C, kini Smartfren meluncurkan seri dari keluarga C yang dikhususkan untuk para penggemar selfie, Andromax C2S(Selfie). Menyasar kelas menengah ke bawah, C2S mengandalkan kamera depan sebesar 5 MP sebagai daya pikatnya. Apalagi, sebagai penerus dari seri sebelumnya, tentu C2S memiliki beberapa perbaikan yang ditawarkan. Ingin tahu apa sajakah itu? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

SPESIFIKASI Smartfren Andromax C2S

Desain & Layar

C2S tampil dengan desain kotak yang sederhana, menggunakan material bahan plastik yang biasa, sangat mengesankan tampilan sebagai smartphone untuk kelas pemula. Sayangnya, lebarnya ruang antara bagian atas dan bawah membuat layarnya terlihat sempit dan kurang menarik. Memiliki ukuran standar 4 inchi, C2S terasa praktis dan nyaman di bawa ke mana saja. Dengan resolusi hanay 480×800 piksel dan tingkat kerapatan layar ~233 ppi, tak banyak yang bisa diharapkan dari tampilan gambarnya. Warnanya kurang begitu cemerlang dan layarnya juga tidak terlalu responsif.

Kinerja

Menggunakan prosesor Qualcomm Dual core dengan clock speed 1.2 GHz, ditopang dengan RAM 512 MB, C2S mengalami peningkatan yang dari produk sebelumnya. Walhasil, kinerjanya menjadi seikit lebih gesit dan tergolong lumayan untuk kelas smartphone entry level. Skor uji kinerja melalui AnTuTu juga mendapatan poin yang lumayan, 14.225 poin. Sayang, berhubung kapasitas RAM-nya terbatas, maka tidak bisa diharapkan untuk bermain game kelas berat, hanya memadai untuk game standar. Baterainya berkapasitas kecil, hanya 1.500 mAh. Jadi, harus sering di charge.

Kamera

Kamera merupakan aspek andalan dari C2S.  dilengkapi dengan kamera uatam 5MP
+Flash, dan kamera depan yang sama 5MP, tentu ini merupakan tawaran menarik di kelas smartphone dengan harga yang kurang dari sejuta. Namun sayang, kameranya tidak dilengkapi dengan pengaturan khusus, hanya tersedia pilihan Panorama dan Geotagging. Jika ingin mendongkrak kualitasnya, maka sebaiknya gunakan tambahan aplikasi kamera dari pihak ke tiga. Hasil jepretan kameranya sebenarnya tajam dan bagus saat kondisi pencahayaan yang mencukupi. Namun, kameranya sangat sensitive sehingga gambar akan mudah sekali terekam kabur hanya karena objek sedikit bergerak.  Kameranya juga sulit skali mengatur objek dengan kontras yang sangat tinggi. Adanay lampu flash juga kurang begitu membantu, karena kurang kuat dan hanya bisa menerangi objek yang ada di dekatnya saja.

Multimedia

Untuk memutar musik, C2S menyediakan Google Music sebagai pemutar musiknya. Suara yang disemburkan melalui speakernya terdengar jernih dengan alunan musik yang begitu enak dinikmati. Suaranya juga tidak pecah dan menyakitkan telinga meski disetl pada volume maksimal. Apalagi saat Dolby Digital Plus diaktifkan, suaranya akan terdengar semakinmantap. Dengan menggunakan earphone, suara akan terdengar semakin jernih dan asyik dengan efek stereo yang terasa. Radio FM yang menjadi alternative hiburannya, juga tak kalah bagusnya. Terdapata fitur perekam siaran dan Sleep Timer dalam waktu 15 menit hingga 1 jam. Rekaman video saat diluar ruang, cukup tajam namun cenderung gelap sehingga detil objeknya kurang begitu jelas. Sedangakn di dalam ruang, hasil rekamannya lebih bagus dengan cahaya yang matang. Saat diputar, rekaman videonya berjalan mulus dan lancar.

Kesimpulan

Dipatok dengan harga hanya Rp. 850.000,- tentu Smartfren Andromax C2S menjadi tawaran yang menarik bagi para pecinta selfie, karena memiliki kamera depan 5MP+flash. Kualitas audionya juga tergolong bagus dan mantap. Meski untuk kinerja tergolong sedang, namun smartphone ini merupakan salah satu yang terbaik di kelas smartphone dengan kisaran harga yang sama. Kekurangannya terletak pada smartphone yang sulit terkoneksi dengan PC,dan pengaturan kamera yang kurang lengkap.

Spesifikasi Smartfren Andromax C2S

JARINGAN

Jaringan 2G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
Jaringan 3G CDMA 1xEVDO Rev-A
SIM Dual SIM GSM-CDMA

BODI

Warna Hitam, putih
Dimensi Panjang: 124.5 mm | Lebar: 64.5 mm | Tebal: 10 mm
Berat

DISPLAY

Jenis Layar TFT LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 4.0 inchI, 480×800 piksel, ~233 ppi

MEMORI

Internal 4 GB
Eksternal Micro SD up to 32 GB
RAM 512 MB

OS & HARDWARE

Sistem Operasi Android OS, v4.4.2 (KitKat)
Chipset Qualcomm Snapdragon
Posesor Dual-core, 1.2 GHz
GPU Adreno 302
Baterai Li-Ion 1500 mAh

KAMERA

Utama 5 MP+flash, autofocus
Depan 5 MP+flash
Fitur Geo-tagging, panorama

DATA

GPRS Ya
EDGE Ya
Kecepatan
W-LAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, EVDO Rev.A
Bluetooth V3.0
USB microUSB v2.0

Comments on this entry are closed.