Review, Harga, & Spesifikasi Smartphone Wiko Lenny

by aries on April 9, 2015

Sebagai pendatang baru dalam pasar smartphone Indonesia, vendor asal Perancis, Wiko meluncurkan beberapa produk sekaligus. Setelah pada beberapa artikel yang lalu kita bahas Wiko Highway, seri besutan Wiko dengan spesifikasi tertinggi, kini giliran Wiko Lenny yang dikhususkan untuk segmen entry level yang akan kita bahas. Mampukah pemain baru ini meraih sukses di kelas yang penuh sesak dengan produk lokal dan Tiongkok ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

harga & spesifikasi Wiko Lenny

Desain & Layar

Wiko Lenny tampil ceria dan cerah dengan berbagai pilihan warna yang ngejreng seperti warna perpaduan kuning menyala dan hijau muda, putih dan abu-abu, hitam dan biru, serta merah dan ungu. Meski layarnya yang berukuran 5 inchi terasa lega dan nyaman, namun memiliki resolusi yang rendah (854×480 piksel), sehingga membuat tampilan gambarnya kurang begitu tajam dan cemerlang. Apalagi bobotnya yang mencapai 174 gram tergolong berat sehingga kurang nyaman saat di pegang dalam waktu yang lama. Pemilihan bodi belakang dari bahan plastik yang glossy, juga menjadikannya teras licin dan tidak kesat saat dipegang.

Kinerja

Berhubung smartphone ini untuk kelas low end yang harganya murah, wajar jika Wiko Lenny hanya dibekali dengan prosesor MTK Dual core berkecepatan 1.3 GHz dengan dukungan RAM ‘hanya’ 512 MB dan GPU Mali-400. Tentu saja hal ini akan mengakibatkan lag (lemot) saat membuka aplikasi yang berkapasitas besar seperti Facebook. Game yang bisa dimainkan pun hanya terbatas, jika tidak ingin harus menunggu lama saat proses loading dan berpindah antar level. Skor hasil uji kinerja menggunakan AnTuTu juga tergolong ‘lumayan’ untuk smartphone sekelasnya, yakni 11.794 poin. Daya tahan baterainya yang berkapasitas 1.800 mAh pun tergolong standar seperti kebanyakan smartphone Android kebanyakan.

Kamera

Dengan adanya kamera utama sebesar 5 MP + LED Flash dan kamaera depan 1.3 MP, membuat hasil fotonya terbilang standar. Bahkan saat memotret di luar ruangan dengan kondisi pencahayaan yang mencukupi, fotonya masih cenderung gelap dan tidak terlalu tajam. Untuk memotret objek yang dekat, juga menjadi blur dan tidak fokus walaupun sudah dibantu dengan lampu Flash. Tersedia fitur kamera yanga standar seperti Geotagging, Face detection, HDR, dan Timer.

Multimedia

Fitur Musik yang ditampilkan juga tidak istimewa, dan bisa diputar dengan pemutar musik bawaan Google atau audio player standar. Suara yang disemburkan juga tidak terlalu keras meski sudah diputar dalam volume maksimal. Kualitasnya sedikit terdongkrak saat didengarkan melalui earphone dengan menggunakan efek stereo. Untuk video, malah sedikit lebih baik dibandingkan dengan foto hasil jepretan kameranya. Rekaman video bisa diputar dengan lancar tanpa adanya gejala lag. Ada pula fitur Radio FM yang bisa kamu gunakan sebagai hiburan alternatif.

Kesimpulan

Dengan banderol harga Rp.999.000, Wiko Lenny yang tampil dengan warna yang cerah mencoba menarik minat konsumen dengan menawarkan ukuran layar yang lega (5 inchi) dan kuaitas suara yang cukup baik. Namun sayangnya, kinerja dari smartphone ini masih kurang, dan kameranya juga tak istimewa. Selain itu, smartphone ini juga sulit dikenali PC.

Comments on this entry are closed.