Review, Harga & Spesifikasi Smartphone ZTE Blade V5

by aries on March 12, 2015

Merupakan salah satu smartphone besutan ZTE dari seri Blade, Blade V5 hadir dengan spesifikasi untuk kelas menengah. Dengan harga yang lumayan murah, Blade V5 menawarkan kamera dan audio jempolan. Penasaran dengan spesifikasi lengkapnya? Simak ulasannya berikut ini :

Desain & Layar

Desain dan tampilan dari Blade V5 tidak beda jauh dengan kebanyakan smartphone Android buatan Tiongkok lainnya yang berbentuk kotak dengan sudut yang sedikit membulat. Yang menjadi ciri khas ala ZTE tentu saja adanya tiga tombol kapasitif di bagian depan yang hanya berupa titik-titik kecil di kiri-kanan untuk tombol Setting/Multitasking dan Home, serta bulatan cincin bercahaya biru di bagian tengah. Namun, ukuran tombol yang ekstra kecil ini justru seringkali menyebabkan salah pencet.

harga & spesifikasi ZTE Blade V5

Layar IPS LCD-nya yang berukuran 5 inchi sudah beresolusi Full HD 720×1280 HD dengan tingkat kerapatan layar yang cukup tinggi, ~294 ppi. Namun, meski tampilan gambarnya cukup tajam, masih kurang begitu cerah dan cemerlang. Untuk respon layar, layar yang mendukung multitouch ini tergolong gesit saat menjalankan berbagai perintah.

Kinerja

Berbekal prosesor Mediatek MT6582 Quad core 1.3 GHz, serta ditopang dengan 1GB RAM, dan GPU Mali-400MP, menjadikan kinerja dari Blade V5 cukup bisa diandalkan. Berbagai aplikasi bisa dibuka secara bersamaan dengan cukup lancar, begitu pula untuk memainkan game 3D, mampu menampilkan grafis yang cukup detil. Hanya saja, perlu waktu yang agak lama saat proses loading. Sayang sekali, tidak ada GPS untuk fitur navigasi. Hasil uji kinerja menggunakan AnTuTu benchmark, mendapatkan hasil yang tergolong bagus, 18.681 poin. Baterainya memiliki kapasitas yang standar, 2.400 mAh, yang bisa bertahan seharian untuk pemakaian yang normal.

Kamera

Kamera merupakan aspek yang istimewa dari smartphone ini. Bagaimana tidak, smartphone yang dihargai tidak samapi 2 juta ini, telah dilengkapi dengan kamera beresolusi tinggi 13 MP+LED Flash untuk kamera utama dan 5MP untuk kamera depan. Hasil foto jepretan kameranya terlihat tajam dengan warna natural, serta noise yang minim. Autofokus-nya pun bisa mengunci dengan cepat saat membidik objek yang bergerak. Bahkan, saat pemotretan indoor, meski ketajamannya sedikit menurun, namun masih tetap bagus dan noise-nya juga tidak terlalu menganggu. Untuk fitur kameranya, terbilang standar seperti HDR, Panorama, dan face beauty.

Multimedia

Kualitas suara yang disemburkan melalui speakernya tergolong mantap. Nada yang mengalun terdengar lantang dan jernih, tanpa ada gejala pecah saat disetel pada volume tertinggi. Suaranya juga tidak teredam meski diletakkan di atas meja. Sayangnya, tidak tersedia earphone pada paket penjualan, sehingga kita harus membelinya sendiri. Radio FM yang juga tersedia sebagai alternatif hiburan, cukup sensitif dan mampu menangkap banyak saluran radio. Yang menarik, ZTE Blade V5 juga menyediakan fitur TV Analog, di mana hal tersebut sudah jarang ditawarkan oleh vendor smartphone saat ini. Sayangnya, penangkapan sinyal siaran TV-nya, kurang begitu sensitive dan bagus, sehingga stasiun TV yang terdeteksi tampilannya kurang jelas.

Kesimpulan

Dengan banderol Rp. 1.650.000,- ZTE Blade V5 merupakan salah satu smartphone kelas menengah dengan harga yang murah, dan memiliki spesifikasi yang cukup lengkap. Seperti, kinerja yang cukup gesit, kamera ciamik, audio yang mantap, serta adanya fitur TV analog. Kekurangannya terletak pada bahan casing plastik yang ringkih, tidak tersedianya earphone pada paket penjualan, serta antarmukanya begitu minimalis.

Comments on this entry are closed.