Review, Harga & Spesifikasi Tablet Speed Up Pad Fun TB-713

by aries on September 9, 2014

Saat ini, makin banyak produk smartphone ataupun tablet yang telah menggunakan prosesor Intel. Sebut saja seperti Asus yang sukses dengan deretan keluarga Zenfone 6, Zenfone 5, dan Zenfone 4 yang mengusung Intel Atom. Intel semakin dilirik karena terobosan teknologi terbarunya, Hyper Threading. Dengan teknologi ini, meski Intel hanya menggunakan prosesor Dual Core, namun kinerjanya mampu menyamai bahkan melampaui prosesor buatan pabrik lain yang memiliki empat inti alias Quad Core. Speed Up, salah satu vendor lokal, juga berusaha menarik perhatian pasar dengan menghadirkan produk tablet terbarunya, Speed Up Pad Fun TB-713 yang menggunakan prosesor Intel Atom Z2520. Lalu, bagaimana spesifikasi lengkapnya? Simak ulasannya berikut ini:

Desain & Layar

Sekilas, desain dari Speed Up Pad Fun TB-713 hampir sama dengan desain kebanyakan tablet lainnya. Yang cukup mencolok adalah, material desain yang membungkus bodi belakangnya terbuat dari aluminium berkualitas tinggi yang membuatnya tampak elegan dan berkelas. Bazel tipis yang mengelilingi sepanjang garis tepinya pun sangat serasi dan pas dengan ukuran layarnya, sungguh padu padan yang menarik.

Review, Harga & Spesifikasi Tablet Speed Up Pad Fun TB-713

Meski bodinya terlihat stylish, sayang layar tablet yang berukuran 7 inchi ini masih menggunakan layar TFT, belum menggunakan LCD IPS. Oleh karena itu, gambar yang ditampilkannya pun terlihat kurang tajam dan jelas, begitu pula dengan sudut pandangnya juga tidak cukup luas. Kecerahan layarnya secara default juga kurang terang, jadi kamu harus mengatur tingkat kecerahan layar pada menu Setting Brightness.

Kinerja

Sebagaimana sudah disebut di atas, tablet ini dibekali dengan prosesor Intel Atom Z2520 yang berteknologi Hyper Threading dengan dukungan 2GB RAM dan GPU Power VR SGX 544MP2. Berkat perpaduan ini, Speed Up Pad Fun TB-713 mampu mengahasilkan skor yang lumayan bagus, 15.425 poin dalam uji kinerja menggunakan AnTuTu benchmark. Bahkan skornya mampu mengungguli perolehan dari Google Nexus 7 dan Samsung Galaxy Tab 4. Digunakan untuk memainkan game berskala berat dan bergrafis rumit pun dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala yang berarti. System Androidnya pun sudah menggunakan versi terbaru, KitKat. Sedangkan untuk urusan baterai, tablet ini sudah dipersenjatai baterai dengan kapasitas yang cukup besar, 3000 mAh.

Kamera

Kamera dari tablet ini tergolong standar, tidak ada yang spesial. Hanya terdapat dua kamera, kamera utama beresolusi 2MP dan kamera depan yang berguna untuk webcam dan video chat beresolusi VGA, itupun tanpa dilengkapi lampu flash. Sehingga, hasil jepretan kameranya pun biasa saja. Meski hasil fotonya standar, namun kamera utamanya dapat digunakan untuk merekam video berkualitas HD 720p.

Audio

Audionya juga mengalami nasib yang sama dengan kamera. Kualitas suara yang disemburkan lewat speakernya kurang begitu bertenaga dan tidak terlalu merdu. Sebagai alternatif, kamu bisa gunakan headset bawaan yang akan menghasilkan suara yang jauh lebih baik.

Kesimpulan

Tablet yang dibanderol dengan harga hampir 1 juta ini bisa dijadikan pilihan bagi kamu yang menginginkan tablet dengan harga terjangkau. Apalagi, Speed Up Pad Fun TB-713 juga telah menggunakan prosesor berkualitas prima, Intel Atom dengan teknologi Hyper Threading-nya. Dengan prosesor tersebut, tablet ini mampu menjalankan berbagai aplikasi dan game dengan lancar. Sayangnya, meski prosesornya mumpuni, tidak didukung dengan kualitas layar yang ciamik. Walhasil, gambar, video maupun game yang ditampilkan terlihat ‘biasa’ saja.

Harga & Spesifikasi Speed Up Pad Fun TB-713

Harga Rp. 9.999.000,-
Dimensi Panjang: 190 mm | Lebar: 108 mm | Tebal: 9,5 mm
Berat 291 g
Baterai Lithium Ion 3000 mAh
Display 7 Inch TFT 16 juta warna, 1024 x 600 pixel
Sistem Operasi Android 4.4.2 KitKat
Prosesor Intel Atom Clover Trail Z2520, Dual Core 1.2 GHz 1.2
GPU PowerVR SGX 544MP2
RAM 2 GB
Multimedia Kamera 2 MP utama | 0.3 MP (VGA) Kamera depan
Konetivitas Bluetooth 4.0 A2DP, WLAN 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, Bluetooth Tethering, Audio jack 3.5 mm, USB OTG, USB Modem
Memori Internal: 8 GB, Eksternal: MicroSD up to 32 GB

 

Comments on this entry are closed.